tanda kehamilan kucing

Perawatan Kucing Hamil Yang Baik Dan Benar

Perawatan kucing hamil – Ketika Anda mengetahui kucing sedang hamil, maka hal selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah dengan memberikan perhatian yang lebih. Jika kucing yang tidak hamil saja perlu perawatan apalagi kucing yang sedang hamil.

Perawatan Kucing hamil harus lebih intensif, sebab anak kucing yang ada dalam kandungan juga membutuhkan asupan nutrisi terbaik. Jadi pada intinya anda wajib untuk merawat Kucing yang sedang hamil, agar anak kucing bisa tumbuh sehat secara normal.

Nah untuk itu bagi kalian yang belum pernah merawat kucing hamil, berikut beberapa cara yang baik untuk perawatan kucing hamil.

Perawatan Kucing Hamil Yang Benar


perawatan kucing hamil

1. Berikan kucing makanan terbaik

Makanan kucing hamil harus benar benar berkualitas. Bagaimana makanan yang berkualitas untuk kucing itu? Tentunya makanan yang banyak mengandung vitamin dan protein yang tinggi. Sebab jika kucing kekurangan protein dan vitamin maka di khawatir kan anaknya akan mengalami kekurangan. Umumnya kucing yang sedang hamil sangat suka dengan makanan yang berbau amis dan banyak mengandung daging. Contohnya seperti ikan bandeng dan ikan cuwe, saat ini sudah banyak merk makanan yang khusus untuk kucing hamil.

2. Jangan Berikan kucing Obat Sembarangan

Ketika kucing sedang hamil jangan sampai memberikan obat sembarangan, seperti obat mata, obat kuku, obat jamur dan obat obatan lainnya. Sebab hal ini dapat membuat kehamilan kucing keguguran, bahkan kemungkinan anak kucing akan ter lahir abnormal. Nah untuk itu jangan sembarangan memberikan obat pada kucing yang sedang hamil.

3. Kucing harus tetap berada di dalam rumah

Biarkan kucing terus berada dalam rumah, tujuan nya agar kucing tersebut terhindar dari kuman dan bakteri. Kucing yang sedang hamil sangat rentan terhadap serangan penyakit, jangan biarkan kucing berkeliaran di luar rumah. Kalau dibiarkan maka kucing akan mudah terserang penyakit.

4. Berikan kucing kandang yang nyaman dan bersih

Tak hanya kesehatan dan makanan kucing yang harus diperhatikan, kandang kucing juga harus bisa menjadi lebih nyaman dan bersih dari bakteri. Agar kucing yang yang sedang hamil tetap sehat berikan kandang yang layak, dan tempatkan pada kandang khusus tanpa di campur dengan kucing yang lain. Sebab kucing yang sedang hamil juga harus terhindar dari yang namanya stres.

5. Berikan air minum yang terbaik

Bagi Anda yang memiliki kucing Anggora dan Persia, sangat dilarang untuk memberikan minuman atau susu yang sudah diminum oleh manusia. Sebab kandungan gizi pada minuman tersebut sudah berbeda. Berikan kucing dari air minum yang sudah matang agar tetap sehat dan saluran pencernaan nya terjaga.

Itulah yang harus dilakukan secara bertahap jika kamu ingin kucing hamil dan anak yang dikandungnya tetap sehat.

Tambahan: jangan lupa untuk selalu membersihkan kucing dengan secara rutin memandikannya sehari 2 kali. Kucing yang kotor akan rentan terhadap serangan penyakit. Ingat bahwa cara memandikan kucing yang sedang hamil harus di sikat dengan cara yang lembut.

Tinggalkan komentar