Ketahuilah Merawat Kucing Anggora Itu Seperti Ini

Kucing – Untuk kali ini kita akan membahas tentang tips merawat kucing anggora dengan baik dan benar.

Banyak di antara kita yang ingin memelihara atau merawat kucing anggora tetapi masih bingung dengan cara atau metode seperti apa agar kucing yang di pelihara tetap sehat dan terawat??

Semoga dengan ada nya artikel ini anda menjadi sedikit terbantu dalam hal merawat kucing anggora yang akan anda pelihara.

merawat kucing anggora 200x135 - Ketahuilah Merawat Kucing Anggora Itu Seperti IniSetiap orang pasti lah mempunyai metode atau cara yang berbeda – beda dalam melakukan perawatan terhadap kucingnya.

Tetapi alangkah baik nya kalau kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana caranya merawat kucing anggora yang baik, sebelum kita melakukan perawatan terhadap kucing yang kita pelihara.

Berikut ini tips merawat kucing anggora dengan baik dan benar:

1.Makanan dan minuman untuk kucing anggora

Cara yang bisa kita pakai untuk merawat kucing anggora yaitu dengan cara memperhatikan makanan dan minuman yang kita berikan kepada kucing.

Dengan banyak nya produk makanan untuk kucing anggora, kita sebagai pemilik kucing harus lebih pintar lagi dalam memilih makanan yang akan kita berikan kepada kucing.

Karena tidak semua produk makanan kucing itu bagus untuk dikonsumsi si kucing.

Seperti produk makanan kucing dalam bentuk kalengan atau makanan basah, produk makanan ini biasa nya tidak bagus untuk kesehatan si kucing.

Dikarenakan produk makanan ini dapat berpengaruh kepada umur dan bulu kucing yang kita pelihara.

Sebagai pemilik kucing pasti nya kita tidak mengingin kan kalau kucing yang kita perlihara itu bulu nya rusak apalagi sampai kucing nya mati.

Oleh sebab itu anda sebagai pemilik kucing usahakan lah agar memberi makan kucing itu makanan yang kering saja.

Dengan memperhatikan produk makanan yang akan kita berikan kepada kucing maka kucing akan menyukai hal yang kita lakukan, dikarenakan kucing akan merasa nyaman dengan apa yang kita lakukan kepada nya.

Jika kita sering melakukan hal seperti memberikan makanan atau minuman kesukaan kucing secara tidak langsung kucing akan menjadi jinak kepada anda pemilik kucing.

Untuk minumannya sendiri kita bisa memberikan kucing minuman seperti air yang matang atau air yang sudah dimasak.

Jangan cuma memberikan air matang saja, coba lah sesekali memberikan minuman susu kepada kucing.

Namun jangan terlalu sering dikarenakan tidak bagus untuk kesehatan kucing anda.

Oh iya, ingat sobat.

Susu yang di berikan kepada kucing harus lah susu yang khusus di konsumsi kucing, jangan susus yang khusus di konsumsi manusia anda berikan kepada kucing.

Pasti nya anda bertanya – tanya dong kenapa tidak boleh, kan sama – sama susu??

Ini alasan nya sobat, susu yang khusus di konsumsi manusia itu mengandung lacrobasilus yang dapat mengakibat kan kucing menjadi mencret.

2.Membersihkan kandang kucing

Pada saat anda memutuskan untuk memelihara kucing anggora dengan kata lain anda berarti udh siap untuk menjaga kebersihan kucingnya juga, khusus nya dalam hal memebersihkan kandang si kucing.

Alasan kenapa kita harus membersihkan kandang kucing itu kerena kandang kucing dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang dapat menyerang kesehatan kucing.

Tentunya kita tidak mau dong kalau kucing yang kita pelihata itu terkena penyakit, maka dari itu kita sebagai pemilik kucing harus membersihkan kandang kucing secara rutin.

Contoh nya saja seperti ini, jika tempat atau pasir yang digunakan sebagai tempat buangnya kotoran kucing tidak rutin di bersihkan maka akan menyebabkan bau yang tak sedap.

Dari kotoran kucing yang berbau tak sedap itu bakteri dapat berkembang biak dengan sangat mudah dan dapat menyebabkan penyakit terhadap kucing.

3.Membersihkan tubuh kucing

Agar kucing anggora yang kita pelihara tetap terlihat keanggunannya dan terjaga kecantikan nya tentunya kita sebagai pemilik kucing harus meluangkan waktu untuk membersihkan kucing.

Seperti dengan menyisirkan bulu kucing, hal ini bertujuan agar bulu kucing tertata dengan rapih dan bulu – bulu kucing yang sudah mati dapat terambil.

Karena, jika bulu kucing yang sudah mati tidak segera diambil maka akan menyebabkan bulu kucing menjadi kusut atau menggumpal.

Dengan menggumpal nya bulu, maka pada saat kucing menjilati badannya bulu yang menggumpal tersebut akan masuk melalui mulut kucing.

Hal ini dapat menyebabkan hairball ( gumpalan bulu yang masuk di dalam saluran pencernaan ), jika hal ini terjadi maka pencernaan kucing yang kita perlihara akan terganggu.

Pada akhirnya daya tahan tubuh kucing pun akan menjadi lemah, lalu kucing akan menjadi sakit.

4.Memberikan vaksin kepada kucing

Seperti manusia pada dasarnya, yang di berikan vaksin ntuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Kucing pun memerlukan vaksin agar daya tahan tubuh yang dimiliki kucing tidak lemah.

Pada umur sekitar 8-9 minggu biasanya pertama kali kucing akan di berikan vaksin.

Akan tetapi sebelum kita memberikan vaksin kepada kucing, kita harus memperhatikan terlebih dahulu kondisi yang kucing alami.

Jika sekira nya kondisi kucing kurang baik, maka pemberian vaksin terhadap kucing lebih baik di tunda terlebih dahulu sampai kondisi kucing kembali membaik.

Biasa nya vaksin yang akan di berikan kepada kucing antara lain adalah vaksin herpes, vaksin leukemia dan vaksin rabies.

Bilamana kucing yang anda pelihara tidak diberikan vaksin, maka kucing akan dengan sangat mudah terkena penyakit dikarenakan turun nya daya tahan tubuh yang dimiliki kucing.

Anda sebagai pemilik kucing harus berhati – hati jika hal ini sudah terjadi pada kucing anda, dikarenakan hal ini dapat menyebabkan kematian pada kucing yang anda pelihara.

Oleh sebab itu jika hal ini tidak ingin terjadi pada kucing anda, segera lah berikan vaksin kepada kucing anda tetapi dengan melakukan konsultasi kepada dokter hewan terlebih daluhu ya.

Agar vaksin yang di berikan sesuai dengan apa yang di butuhkan oleh kucing.

5.Melakukan perawatan rutin

Berikut ini kami akan memberikan saran kepada anda tentang jadwal melakukan perawatan rutin untuk kucing anggora yang anda miliki.

Hal ini mungkin dapat anda terapkan agar kucing anggora yang anda miliki tetap terawat dan sehat.

Jadwal rutin perawatan khusus kucing anggora:

A.Pagi dan sore (setiap hati) : memberi makan dan minum

B.Pagi dan sore (setiap hati) : membersihkan kotoran kucing

C.Membersihkan kucing : 1 minggu sekali

D.Grooming ke salon : sebulan sekali (optional)

E.Pencucian kandan : seminggu sekali

Demikian lah rangkuman tentang tips merawat kucing anggora yang baik dan benar yang mungkin berguna untuk anda para pecinta kucing.

Nantikan terus postingan kami tentang seputar kucing yaa….

Tags: