Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di Rumah

Menghilangkan Kutu Kucing Persia – Tanda – tanda awal yang dialami kucing anda pada saat sedang terkena kutu biasanya yaitu seringnya kucing menggaruk bulunya sendiri.

kutu kucing e1513282437486 - Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di RumahPada saat anda menyadari hal demikian terjadi pada kucing peliharaan anda maka kemungkinan besar kutu ini juga berada di rumah anda.

Tempat yang sering dihinggapi kutu antara lain di tempat yang gelap dan hangat seperti pada rambut atau bulu kucing.

Kasian sekali bukan, kalau kucing kita sampai dihinggapi oleh kutu.

Peran anda disini sangat penting sekali untuk menghilangkan kutu tersebut.

Jangan sampai anda menganggap sepele kutu kucing ini.

Karena kutu ini memiliki sifat parasit yang memakan darah dan dapat memindahkan berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Secara otomatis jika anda membiarkan hal ini maka kulit kucing akan lecet atau luka dan nantinya bisa terjadi alergi serta infeksi sekunder.

Sebenarnya gampang – gampang susah juga sih untuk menghilangkan kutu pada kucing persia.

Gampangnya menghilangkan kutu pada kucing persia ya seperti kutu bisa terangkat pada saat kita menyisir bulu kucing yang sudah dimandikan.

Disisi susah menghilangkannya seperti menghilangkan telur kutu yang menempel pada kucing.

Karena untuk menghilangkan telur kutu itu kita harus mengambil satu persatu.

Untuk anda yang ingin menghilangkan kutu pada kucing persia alangkah baiknya sebelum itu anda mengenali terlebih dahulu kutu ( pinjal ) dan caplak ini.

Hal ini perlu anda lakukan agar sarang yang di hinggapi atau di tempati kutu seperti pada hewan peliharaan, kebun, dan rumah anda hilang tuntas.

Yuk, kita ketahui tahap – tahap apa saja untuk menghilangkan kutu pada kucing persia agar hilang tuntas.

Berikut ini tahap – tahap menghilangkan kutu kucing persia:

1.Membasmi pinjal atau menghilangkan kutu pada kucing persia

Dalam tahap pertama ini ada beberapa hal yang perlu anda lakukan atau pahami agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam menghilangkan kutu kucing persia.

Berikut ini hal – hal yang perlu anda pahami:

A.Mengetahui bentuk kutu ( pinjal )pinjal e1513198213699 - Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di Rumah

Banyak sekali orang yang menganggap bahwa bentuk dan ukuran pinjal bersifat mikroskopik, akan tetapi pada kenyataannya tidak demikian.

Kenapa begitu? karena anda dapat melihat pinjal ini jika diamati dari dekat sehingga tidak perlu menggunakan kaca pembesar untuk melihat pinjal ini.

Untuk ukuran tubuh pinjal yang dewasa sangatlah kecil, karena panjangnya hanya kurang dari 0,3 cm.

Kutu ini merupakan serangga yang berwarna cokelat kemerahan dan tidak memiliki sayap, tetapi kutu ini masih dapat melompat tinggi.

Secara lateral badan pinjal ini sangat padat, sehingga lebih lebar dari punggung ke perut jika dibandingkan dari samping kanan ke samping kiri.

B.Mengetahui tanda keberadaan pinjal

pinjal kucing e1513282482590 - Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di Rumah

Cara agar anda bisa mengetahui keberadaan pinjal pada kucing anda, cukup anda lakukan hal seperti menyisir bulu kucing anda dari belakang ke depan.

Karena secara umum pinjal itu harus menggigit terlebih dahulu untuk dapat meminum darah pada mahluk yang di hinggapinya.

Jika kutu sudah menggigit kulit pada mahluk yang di hinggapinya maka dari gigitan itu akan meniggalkan bekas merah dan luka.

Maka dari itu, pada saat anda menyisir bulu kucing carilah bekas gigitan pinjal yang ada pada kulit kucing.

Setelah anda menyisir bulu kucing anda, maka jatuhkanlah serpihan atau remah kotoran yang berada pada sisir ke permukaan tisu yang diberi sedikit air.

Jika kotoran yang anda taruh ke tisu ini akan berubah warna menjadi cokelat kemerahan itu dikarenakan kotoran tersebut mengandung darah yang sudah dicerna si kutu.

Selain itu terlebih dahulu anda harus memastikan apakah kucing anda itu pernah keluar rumah atau tidak, seperti pergi ke tempat penitipan, salon hewan, rumah teman, motel, dll.

Karena pinjal bisa saja berpindah tempat dari tempat satu ke tempat yang lainnya, dan pada ahkirnya pinjal tersebut hinggap di kucing anda.

Itu lah cara hilangkan kutu dengan mudah yang bisa anda lakukan untuk mengetahui apakah kucing anda itu ada kutunya atau tidak.

Jika anda masih belum nyakin bahwa kucing anda itu ada kutunya, bawalah kucing peliharaan anda ke dokter hewan.

Karena dokter hewan dapat mengenali pinjal dan bisa memberikan resep obat untuk menyingkirkan parasit tersebut dari kucing anda.

C.Konsultasi kepada dokter

Untuk konsultasi kepada dokter ini sangatlah penting, karena untuk pengobatan dokter anda akan dipastikan utuk memilih produk yang aman dan efektif untuk kucing peliharaan anda.

Pada saat anda ingin membeli obat kutu untuk kucing anda alangkah baiknya anda membeli obat kutu tersebut langsung dari dokter hewan.

Karena jika anda sembarangan membeli obat kutu yang dijual di toko hewan peliharaan itu dapat berbahaya untuk kucing.

oh iya jangan lupa yang satu ini juga kawan, jika di rumah anda terdapat anak kecil atau wanita hamil maka sampaikan pada dokter hewan ya.

Hal ini juga merupakan faktor penting dalam menentukan pengobatan yang aman untuk anda dan juga hewan peliharaan anda.

D.Pengobatan dari luar

penggunaan obat luar kutu kucing e1513198374541 - Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di Rumah

Anda mungkin memiliki berbagai macam pilihan yang berkaitan dengan obat kutu.

Sebelum itu pastikanlah produk yang anda pilih berlebel untuk kucing dan bukan untuk anjing.

Karena kucing bisa sakit parah atau bahkan bisa mati jika anda melakukan perawatan kepada kucing menggunakan obat yang ditujukan untuk anjing.

Maka dari itu pada saat membeli produk obat kutu jangan sampai anda salah pilih ya.

Anda dapat membasmi kutu kucing dengan cepat jika obat luar ini dioleskan secara langsung pada kulit kucing anda.

Sebagai tindakan pencegahan kutu yang hinggap pada kucing anda sebaiknya anda menggunakan pengobatan ini setiap bulannya.

Berikut ini obat yang pada umumnya di gunakan untuk menghilangkan kutu pada kucing persia:

1.Dinotefuran dan pyriproxyfen atau biasa disebut dengan Vectra: Produk ini hanya khusus untuk membasmi pinjal.
Pastikan anda tidak membeli produk dengan nama yang serupa seperti Vectra 3D, karena obat serupa tersebut hanya digunakan untuk anjing.

Untuk Vectra 3D sendiri mengandung permethrin, yang sangat berbahaya bagi kucing.

2.Fipronil dan (S)-methoprene atau biasa disebut dengan Frontline Plus for Cats: kegunaan produk ini untuk membunuh larva, telur pinjal dan juga pinjal dewasa.

Selain itu, prodil ini juga dapat membunuh caplak serta kutu yang menggigit.

3.Imidacloprid dan pyriproxyfen atau biasa disebut dengan Advantage II: Anda bisa gunakan produk ini ntuk membasmi semua tahapan kehidupan pinjal.

Pastikan anda tidak membeli produk dengan nama yang serupa seperti Advantix II, karena obat serupa tersebut dipergunakan bagi anjing.

Soalnya produk ini mengandung permethrin, yang berbahaya bagi kucing.

4.Selamectin atau biasa disebut dengan Revolution: Untuk penggunaan obat ini oleskan sebulan sekali untuk membasmi pinjal dewasa dan telur-telurnya.

Selain itu obat ini juga membunuh caplak, cacing jantung, tungau telinga dan tungau sarkoptik.

Akan tetapi anda perlu lebih waspada pada saat membeli obat ini karena Selamectin tidak berlisensi sebagai produk pembasmi caplak.

Karena obat ini hanya bekerja pada beberapa jenis caplak saja, dan tidak efektif melawan Ixodes, yang merupakan spesies pembawa penyakit Lyme.

Jika caplak merupakan kekhawatiran utama Anda, bicarakan dengan dokter hewan mengenai metode pengendalian yang lebih efektif, seperti kerah Seresto atau Frontline.

Ada cara lain yang biasanya para cat lovers gunakan untuk mengobati kutu pada kucing persia, antara lain sebagai berikut:

1.Menggunakan shampo anti kutu kucing pada saat memandikan kucing

Faktor umum untuk menjaga kebersihan tubuh kucing yaitu dengan cara memandikan kucing.

Tujuan untuk memandikan kucing bukan hanya untuk menjaga kucing agar tetap bersih saja, tetapi juga untuk mencegah dan mengusir kutu yang hinggap di tubuh kucing.

Selain memandikan kucing, aktifitas grooming juga merupakan salah satu finishing yang sangat bagus dalam cara membasmi telur kutu yang terdapat pada kucing.

Oh iya, supaya makin ampuh dan efeknya ganti shampo biasa dengan shampo kucing anti kutu kalau bisa gunakan shampo yang aroma lemon.

Shampo kutu kucing ini biasanya bisa untuk menghilangkan kutu kucing.

Supaya anda mendapatkan hasil yang maksimal dan si kutu tidak balik lagi ke tubuh kucing maka mandikanlah kucing anda sebulan sekali secara konsisten.

2.Menggunakan minyak kayu putih

Anda sendiri belum tahu kan bahwa minyak kayu putih ini dapat menghilangkan kutu pada kucing persia!!

Tapi tunggu dulu yaahh, minyak kayu putih yang dimaksud disini itu bukan minyak telon lohh!

Walaupun minyak kayu putih dan minyak telon itu memiliki fungsi yang sama seperti menghangatkan tubuh dan menghilangkan kembung.

Untuk anda yang belum tahu!! minyak telon sendiri pada umumnya berfungsi untuk memberikan rasa hangat, menghilangkan rasa pegal, melancarkan peredaran darag serta aroma nya dapat mengobati pusing, masuk angin dan membantu relaksasi.

Dan untuk minyak kayu putih ini terbuar dari hasil penyulingan daun dan tanring tanaman kayu putih, kalau untuk minyak telon terdiri dari 3 komposisi yaitu minyak adas, kayu putih dan kelapa.

Lalu bagaimana cara menggunakan minyak kayu untuk menghilangkan kutu pada kucing persia?

Tenang saja, anda tidak perlu bingung – untuk mengetahui caranya kok.

Cukup anda oleskan saja minyak kayu putih tersebut pada sela – sela tubuh kucing yang terdapat pada gumpalan bulu kucing.

Karena biasanya kutu akan berada disitu dan perlu anda ingat bahwa jangan oleskan minyak kayu putih ini pada indra yang dimiliki kucing! karena minyak kayu putih ini sangat sensitif, apalagi terhadap hidungnya.

3.Menyemprokan air cuka

Ingatlah yang satu ini kawan, bahwa kutu kucing itu tidak menyukai aroma cuka loh!

Dalam penyajian air cuka yang ingin disemprotkan pada kucing cukup gampang kok kawan.

Anda cukup memasukkan cuka dan juga air ke dalam panci atau wadah yang bisa dihangatkan dengan menggunakan api.

Untuk perbandingan cuka dan air tersebut pastikan 1:1 atau seimbang ya kawan.

Ingat, jangan kurang dan jangan lebih juga ya! agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah air dan cukanya dihangatkan, anda bisa menaruhnya ke dalam botol semprot lalu semprotkan air tersebut ke bagian tubuh kucing yang terdapat kutunya.

Akan tetapi pada saat anda menyemprotkan cairan ini usahakan jangan sampai terkena mata atau telinga kucing yaa.

4.Menggunakan lemon

Para cat lovers yang lainnya juga biasa menggunakan untuk menghilangkan kutu pada kucing persia loh!

Karena pada dasarnya kutu itu menyukai aroma wangi jeruk lemon.

Cara menghilangkan kutu pada kucing persia dengan menggunakan lemon ini cukup praktis loh kawan.

Hal yang anda perlu lakukan tinggal mengambil air mendidih tentunya yang sudah di tampung di sebuah wadah yaa seperti panci atau sebagainya, lalu campurkan setengah buah lemon ke dalam air mendidih tersebut.

Kemudian setelah anda melakukan hal tersebut tutuplah pancinya lalu biarkanlah sejenak sampai airnya menjadi dingin sehingga lemon yang sudah dimasukan tadi menjadi larut merata.

Setelah itu anda dapat menuangkan larutan lemon tadi kedalam botol semprot.

Lalu anda tinggal semprotkan saja deh larutan lemon ini pada bulu kucing anda yang terdapat kutunya.

Kurang lebih cara penyajiannya sama seperti cuka bukan?

Pada saat anda tidak mempunyai lemon untuk digunakan anda tidak perlu bingung kok kawan, cukup gantikan dengan cuka saja.

5.Menggunakan garam

Jangan anggap sepele yang satu ini kawan, gini – gini juga garam bisa untuk menghilangkan kutu persia loh! khususnya untuk larvat dan telur kucing.

Cara dalam menghilangkan kutu pada kucing persia cukup anda tambahkan garam pada air hangat di wadah atau ember.

Lalu remdamlah kucing di larutan air hangat yang udah dicampur dengan garam tadi, wahh seperti berenang saja yaa.

Ingat kawan, pada saat merendam kucing usahakan jangan sampai si kucing tenggelam yaa, karena kasian nanti kalau kucingnya tenggelam.

6.Vaksin Ivermecrin

Cara menghilangkan kutu kucing persia yang selanjutnya yaiti vaksin Ivermecrin.

Vaksin ini merupakan alternatif yang bisa anda coba untuk menghilangkan kutu kucing persia.

Akan tetapi anda terlebih dahulu harus konsultasi dengan dokter hewan yah.

Dalam menggunakan vaksin, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu daftar harga vaksin untuk kucing

Kebanyakan orang yang beranggapan bahwa suntik ivermectin ini untuk mengatasi jamur pada kucing.

Akan tetapi fungsi utama yang sesungguhnya suntik invermectin ini untuk membasmi kutu kucing bukan untuk mengatasi jamur pada kucing.

Maka dari itu, kebanyakan dokter hewan menggunakan Ivermectin untuk membasmi cacing dan ektoparasit seperti kutu kucing ini.

Namun Ivermectin tidak bisa digunakan untuk membunuh telur kutu.

Biasanya dibutuhkan minimal 3 kali suntikan dengan jarak 3-4 minggu untuk hasil yang maksimal.

Dan perlu anda ingat kawan, jangan gunakan suntik ini pada anak kucing ya.

Karena jika anda gunakan suntik ini pada anak kucing maka anak kucing anak keracunan dan terjadi kerusakan pada ginjalnya.

7.Obat tetes anti kutu kucing

Sebelum itu ada yang perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa obat tetes kutu kucing ini hanya bisa kita gunakan untuk kucing dewasa.

Dalam pemakaian obat tetes anti kutu ini jagan sampai berlebihan yah, alangkah baiknya sebelum anda menggunakan obat ini anda membaca aturan pakainya dahulu.

Obat ini biasanya digunakan pada bagian tengkuk atau leher si kucing agar kucing tidak menjilat – jilatinya.

8.Spray anti kutu kucing

Pada jaman sekarang memang sudah banyak sekali kemajian dalam obat – obatan termasuk obat untuk menghilangkan kutu kucing persia.

Contohnya saja pada spray anti kutu kucing ini, untuk penggunaan spray sendiri tidak perlu disemprotkan pada hewan peliharaan anda sampai basah atau berlebihan.

Karena hal itu akan berakibat buruk untuk kesehatan kucing anda.

Jadi kesimpulannya anda cukup mengikuti aturan pakai yang sudah tertera pada kemasannya saja.

9.Sisir kutu kucing

Pada jaman sekarang sudah ada loh produk sisir kucing persia khusus untuk menghilangkan kutu kucing persia.

Anda bisa membeli atau mendapatkan produk ini di petshop terdekat di daerah anda.

Untuk penggunaan sisir anti kutu kucing ini bisa anda gunakan setelah kucing selesai mandi maupun belum mandi atau pada saat anda mempunyai waktu luang saja.

10.Minyak telon

Cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telon. anda pasti bingung kan kenapa minyak telon ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu kucing persia.

Ketahuilah para cat lovers, bahwa minyak telon ini juga merupakan cara ampuh menghilangkan kutu kucing.

Cara penggunaannya juga cukup gampang loh, anda hanya tinggal melakukan hal seperti mengusapkan minyak ke bagian kulit kucing yang banyak terdapat kutunya.

Akan tetapi dalam penggunaannya jangan kebanyakan juga ya.

Agar sewaktu kucing menjilati tubuhnya itu dia tidak sampai menjilat ke bagian yang kita olesi minyak telon.

11.Menggunakan cuka apel

Selain beberapa jenis semprotan diatas tadi, anda juga bisa menggunakan cuka apel ini.

Karena cuka apel ini memiliki bau busuk yang tentunya tidak disukai oleh kutu kucing.

Untuk campuran cairan ini dengan menggunakan sari buah apel dan air, dengan perbandingan 2:1.

12.Jus lidah buaya

Lah kok lidah buaya? Nah, anda perlu tahu yang satu ini juga.

Lidah buaya yang dibuat menjadi jus juga bisa dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan kutu kucing persia loh.

Cara yang satu ini wajib anda coba dirumah untuk menghilangkan kutu kucing persia anda.

Lalu cara menggunakannya bagaimana? gampang kok caranya.

Anda cukup menyediakan lidah buaya dan kemudian dibuat jus lalu ditambah sedikit cabe rawit.

Setelah melakukan hal tersebut masukanlah jus lidah buaya itu kedalam botol semprot.

Dan, TARAA… anda tinggal menyemprotkannya saja pada bagian bulu kucing yang terdepat kutunya.

Selain itu anda perlu mengetahui juga larangan apa saja yang tidak boleh dilakukan dalam hal menghilangkan kutu kucing persia anda.

Berikut ini 4 cara yang dilarang dalam menghilangkan kutu kucing persia:

1.Memberikan bedak

Kenapa gak boleh? Karena kebanyak kasus setelah kucing diberikan bedak lalu dimandikan, kucing menjadi muntah-muntah dan bisa mengakibatkan alergi.

Jadi sebaiknya pemakaian bedak untuk membasmi kutu kucing ini jangan dilakukan.

2.Obat kimia

Jangan menggunakan obat kimia untuk menghilangkan kutu kucing.

Kalau anda ingin menggunakan obat kimia untuk menghilangkan kutu kucing persia usahakan yang dianjurkan oleh dokter ya.

3.Menggunakan obat kimi berlebihan

Hal ini benar – benar tidak boleh anda lakukan, bilamana anda memakai obat kimia pastikan dosisnya jangan berlebihan.

Contohnya saja Spray Anti kutu, bila anda menyemprotkannya sampai bulu kucing basah hal itu akan berbahaya untuk kucing.

E.Menggunakan obat dalam

pengobatan luar kutu kucing e1513198403491 - Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di Rumah

Sebelum itu pertimbangkanlah terlebih dahulu untuk menggunakan obat kutu yang akan diminum si kucing.

Jika hanya mencoba mengobati pinjal dan bukan caplak, Anda dapat memberi kucing Anda obat minum ini.

Obat minum ini dapat berupa suspensi cair atau tablet.

Obat ini hanya tersedia di dokter hewan, yang dapat merekomendasikan produk terbaik untuk kucing Anda.

Sebaiknya dalam menggunakan obat dalam ini dilakukan setiap bulannya.

Hal ini perlu anda lakukan sebagai tindak pencegahan kutu kucing.

Obat dalam tersebut antara lain seperti berikut:

1.Lufenuron (lebih dikenal dengan Program): Biasanya obat ini berbentuk tablet, cairan suspensi oral, atau suntikan.

Berikan obat ini kepada kucing anda di dalam makanannya.

Lakukanlah hal tersebut sebulan sekali untuk membasmi telur-telur dan larva pinjal.

2.Nitenpyram (dikenal sebagai Capstar): Bentuknya adalah pil.

Untuk obat ini berikan pada kucing sesuai petunjuk dokter untuk membasmi pinjal dewasa serta telur-telurnya.

3.Spinosad (atau Comfortis): Obat ini berbentuk tablet kunyah, yang harus Anda berikan pada kucing bersama makanan sebulan sekali untuk membasmi pinjal.

F.Obat luar oles

Untuk yang satu ini anda perlu memegang aplikator secara tegak agar obatnya tidak tumpah dan yang pastinya sesuai intruksi yang tertera ya.

Sibak bulu pada leher kucing (di dasar tengkorak atau antara tulang belikat) untuk mengekspos kulit.

Dengan cara ini, kucing Anda tidak akan dapat menjilat obat saat membersihkan diri.

Tunggingkan botol aplikator dan tuangkan cairan obat ke satu titik yang terdapat kutu pada kulit kucing secara langsung.

Pastikan cairan mengenai kulit dan bukan hanya bulu kucing saja.

Pastikan anda telah menuang hingga abis obat oles luar tersebut.

Jangan pernah lupa membaca instruksi lengkap pada label produk, karena instruksi ini berbeda untuk tiap obat.

2.Membasmi caplak pada kucing persia

Dalam tahap kedua ini alangkah baiknya anda memahami atau mempelajari beberapa hal yang berkaitan dengan caplak.

Yuk kita lihat, apa saja yang perlu kita pahali tentang caplak.

A.Mengetahui bentuk caplak

caplak kutu kucing e1513198430170 - Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di Rumah

Sebenernya caplak itu seperti apa sih? pasti anda bertanya – tanya bukan?

Nah, mesti anda ketahui nih.

Sesungguhnya caplak itu memiliki karakteristik yang berbeda – beda di setiap spesiesnya.

Akan tetapi untuk badan yang dimiliki caplak pada dasarnya itu lonjong dengan kepala yang kecil.

Warna yang dimiliki kutu ini pada umumnya coklat kemerahan, coklat gelap, hitam dan abu – abu.

Selain itu untuk ukuran caplak sendiri tidak lebih panjang dari 0,6 cm dan beberapa spesies lainnya mungkin memiliki ukuran yang lebih kecil.

Perlu anda perhatikan bahwa caplak betina yang kenyang karena tubuhnya telah menyedot darah dapat membesar hingga 1,2 cm.

Ingat! caplak ini tidak seperti pinjal, karena caplak bukanlah serangga.

Kutu ini termasuk golongan arachnida seperti laba-laba.

Jika kutu ini sudah menjadi dewasa maka dia akan memiliki 8 kaki.

Untuk caplak termuda atau terkecil ( larva ) memiliki 6 kaki.

B.Tanda keberadaan caplak

caplak kucing e1513282564193 - Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di Rumah

Seperti yang dibilang tadi bahwa caplak tidak sama dengan pinjal.

Karena caplak tidak dapat melompat atau terbang seperti yang dilakukan pinjal.

Jadi untuk mengetahui keberadaan caplak pada kucing anda sangatlah mudah.

Selain itu jika caplak sudah menggigit kucing anda maka dia tidak akan lepas hingga dia selesai menyedot darah si kucing.

Pada saat hal itu terjadi, anda tidak akan melihat kepala caplak.

Sebenarnya hal ini akan menyulitkan anda untuk menentukan apakah anda melihat caplak atau kulit tumbuh berwarna gelap.

Lah, jadi susah dong untuk mengetahuinya?

Tenang, tidak perlu panik.

Untuk membedakannya anda cukup cari kaki caplak.

Karena caplak cenderung menumpuk di daerah tubuh yang hangat dan terlindungi, seperti daerah antara bantalan cakar, di dalam telinga, dan ketiak.

Selain itu ingat – ingat lah kembali apakah kucing anda pernah keluar rumah atau berada di suatu tempat yang mungkin dapat menularkan caplak? seperti lapangan berumput tinggi, lumbung, peternakan.

C.Menghilangkan caplak

menghilangkan caplak e1513198479836 - Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di Rumah

Jika anda sudah mengetahui adanya tanda – tanda keberadaan caplak pada kucing anda sebaiknya anda pastikan lagi apakah itu benar caplak atau bukan.

Pada saat anda sudah memastikan bahwa itu benar – benar caplak maka ambillah caplak menggunakan pinset yang berujung halus.

Dan pastikan anda sudah menggunakan sarung tangan terlebih dahulu.

Tarik tubuh caplak dengan perlahan dan hati – hati, karena anda perlu mengambil tubuh caplak beserta kepalanya.

Pada saat anda mengambil tubuh caplak jangan sampai kepala caplak terpisah dari tubuhnya.

Karena jika kepala caplak terpisah, hal itu dapat menyebabkan infeksi pada kucing anda.

Anda perlu melakukan pemeriksaan caplak pada kucing anda secara rutin dari kepala hingga ekor untuk melihat apakah caplak bersarang atau tidak.

D.Konsultasi dengan dokter hewan

Kenapa hal ini perlu anda lakukan?

Karena dokter hewan akan memastikan anda untuk memilih produk yang aman dan efektif pada kucing.

Untuk pembelian obat caplak sebaiknya langsung dari dokter hewan saja.

Karena obat yang di jual di toko hewan peliharaan itu sebagian besar dapat berbahayakan untuk kucing.

Untuk pengobatan luar yang berbentuk cairan topikal tersedia, sedangkan produk oral untuk membasmi caplak dan pinjal tidak tersedia.

E.Pengobatan dari luar

Anda mungkin memiliki beberapa pilihan berkaitan dengan pemilihan obat caplak topikal.

Sebelum anda membeli obat caplak pastikan produk yang anda pilih itu berlabel untuk kucing ya bukan untuk anjing.

Jika anda menggunakan obat caplak yang ditujukan untuk anjing pada kucing anda, kemungkinan kucing bisa sakit parah atau bahkan bisa mati.

Usahakan pengobatan ini anda lakukan sebulan sekali yaa.

Untuk obat caplak yang pada umumnya sering digunakan yaitu :

1.Fipronil dan (S)-methoprene biasa disebut dengan nama Frontline Plus for Cats

Cara pemakaiannya gampang kok, cukup oleskan sebulan sekali saja.

Hal ini bertujuan untuk membunuh larva, telur, dan pinjal dewasa.

Obat ini juga dapat membunuh caplak serta kutu yang menggigit.

2.Selamectin biasa disebut dengan nama Revolution

Hampir sama dengan yang di atas tadi, anda cukup oleskan sebulan sekali saja

Hal ini agar dapat membasmi pinjal dewasa dan telur-telurnya.

Selain itu obat ini juga dapat membunuh caplak, cacing jantung, tungau telinga, dan tungau sarkoptik, tetapi tidak terdaftar sebagai produk pembasmi caplak.

Obat ini hanya bekerja sebagian pada beberapa jenis caplak, dan tidak efektif melawan Ixodes, yang merupakan spesies pembawa penyakit Lyme.

F.Pergunakan obat luar dengan benar

Pada umumnya hal yang perlu anda lakukan adalah memegang aplikator ( alat obat luar ) secara tegak agar tidak tumpah dan membukanya sesuai petunjuk yang tertera.

Setelah itu sibak bulu pada leher kucing ( di dasar tengkorak atau antara tulang belikat ) untuk mengekspos kulit.

Dengan cara ini, kucing anda tidak akan dapat menjilat obat saat membersihkan diri.

Tunggingkan botol aplikator dan tuangkan cairan obat ke satu titik pada kulit secara langsung.

Lalu pastikan bahwa obat mengenai kulitnya bukan hanya terkena bulu kucingnya saja.

Periksa aplikator untuk memastikan isinya telah habis.

Oh iya ada yang lupa, jangan pernah lupa membaca instruksi lengkap pada label produk, karena instruksi ini berbeda untuk tiap obat.

3.Menghilangkan caplak dan pinjal dari halaman atau kebun

Penyebab utama kucing anda terkena caplak atau pinjal, bisa saja berasal dari lingkungan sekitar kucing.

Benar tidak?

Maka dari itu, untuk membasmi kutu tersebut secara tuntas dan kucing anda tidak dihinggapi oleh kutu lagi.

Pastikanlah anda membuat halaman atau kebun anda terhindar dari kutu.

Untuk membuat kebun anda terhindar dari kutu, anda perlu melakukan hal – hal sebagai berikut:

A.Usahakan rumput di kebun anda tetap kering dan rapih

Karena caplak tumbuh pesat di lingkungan yang lembap seperti di sela-sela rumput yang tinggi tinggi.

Maka dari itu sering – seringlah untuk memotong rumput agar caplak tidak bersarang di kebun anda sehingga anda dapat meminimalisir perkembangbiakannya.

Salin itu juga anda perlu menyapu daun – daun yang mulai layu di kebun anda.

B.Penghalang jalan caplak

Hal ini perlu anda lakukan, karena caplak tidak senang melewati jalan yang dilapisi kepingan kayu, mulsa, atau kerikil.

Maka anda harus letakkan material ini di sepanjang tepian kebun untuk mencegah caplak mendekati kebun anda.

Sebaiknya anda menggunakan material tersebut yang berukutan 0.9 meter.

C.Membuat penghalang pada kebun anda

penghalang kutu caplak kucing e1513198500253 - Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di Rumah

Dalam artian membuat penghalang disini itu agar hewan seperti kucing liar, hewan pengerat dan rusa tidak dapat masuk ke kebun anda.

Untuk mencegah hewan ini masuk ke kebun anda hal yang perlu anda lakukan antara lain seperti berikut.

Letakkan umpan burung dan tumpukan kayu jauh dari rumah anda lalu bangunlah pagar agar memblokir celah untuk merangkak.

Satu lagi, tanam pohon dan tanaman yang dapat menakuti rusa.

Biasanya sih untuk tanaman yang membuat rusa takut yaitu pohon boxwood, butterfly bush, ginkgo, dan melati.

D.Semprotkan cairan pembasmi serangga (IGR)

Melakukan hal ini bertujuan untuk mengganggu siklus hidup pinjal dan mencegahnya perkembangbiakannya.

IGR dianggap aman bagi manusia dan hewan peliharaan, tetapi berbahaya untuk ikan.

Maka dari itu berhati-hatilah jika Anda menggunakan regulator ini di dekat sumber air.

E.Gunakan tanah diatomit

tanah diatomit e1513198521355 - Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di Rumah

Untuk membasmi pinjal dan caplak atau serangga pada kebun anda gunakanlah produk alami ini.

Karena produk ini sangat praktis, cukup dengan taburkan tanah ini saja di lingkungan atau kebun anda.

Efeck yang dihasilkan oleh tanah ini pada serangga yaitu menghancurkan tubuh sendiri dengan sendirinya.

Disebabkan serangga mengalami dehidrasi karena telah menelan tanah tersebut.

Maka dari itu, berhati – hatilah pada saat anda menyebatkannya ya.

Sebelum anda menyebarkannya, pastikan anda telah menggunakan sarung tangan.

Jangan sampai anda menyentuh tanah diatomit ini menggunakan tangan kosong, menghirupnya atau menelannya.

Kareana bubuk yang sangat halus ini sangatlah tajam sehingga dapat mengiritasi kulit atau paru – paru anda.

Makanya itu, lakukan dengan benar ya.

F.Menggunakan pestisida

pestisida e1513198541417 - Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di Rumah

Nah dalam menggunakan pestisida ini hanya pada saat anda menemukan pinjal atau caplak dalam jumlah yang banyak saja ya.

Cara untuk menentukan apakah kebun anda terdapat pinjal atau tidak, anda cukup melakukan hal sebagai berikut.

Gunakan kaos kaki berwarna putih yang sepanjang lutut lalu berjalan mengitari kebun anda.

Untuk mengetahui kebun anda terdapat pinjal atau tidak, anda akan dapat melihatnya di kaus kaki Anda.

Agar anda dapat membeli pestisida lebih murah, anda dapat memanggil ahli pembasmi serangga yang berpengalaman atau berbicara pada dokter hewan.

Jika anda merawat hewan peliharaan dengan baik dan melindunginya.

Anda mungkin tidak perlu menggunakan pestisida pada kebun anda.

Oh iya ada yang lupa, jangan pernah menggunakan produk yang mengandung Pyrethroid, Permethrin, atau Amitraz untuk kucing Anda.

Karena produk ini dapat menyebabkan efek samping yang serius pada kucing anda, termasuk kematian.

4.Menghilangkan caplak dan pinjal dari rumah

Tempat keberadaan kutu bukan cumu dari kebun halaman saja, melainkan dari rumah anda juga bisa terdapat kutu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menghilangkan kutu kucing persia, hal yang satu ini perlu anda lakukan.

Mau tau hal apa saja yang perlu anda lakukan untuk menghilangkan kutu pada kucing persia di rumah anda?

Mari kita simak bersama – sama hal tersebut.

Berikut ini hal – hal yang perlu anda lakukan di rumah anda untuk menghilangkan kutu peda kucing persia.

A.Gunakan penyedot debu

penyedot debu e1513198562104 - Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di Rumah

Gunakanlah penyedot debu ini di rumah anda pada tempat yang sering terdapat kutunya.

Upaya ini perlu anda lakukan untuk menghilangkan pinjal dewasa, telur, serta larva.

Tempat yang sering dihinggapi antara lain pada karpet, pemandian, dan furnitur berlapis.

Maka dari itu, bersihkanlah secara menyeluruh tempat yang sering dihinggapi kutu di setiap hari.

Saat anda menyedot furnitur berlapis usahakan untuk menyedot semua area yang ada difurnitur ya, dan jangan lupa untuk menyedot karpet di bagian bawah furnitur anda.

Fokuskanlah pembersihan pada daerah ini.

Karena sebagian besar kutu di rumah anda itu berkeliaran di tempat peristirahatan.

B.Mencuci kain atau spray

Jika tempat tidur kucing anda dikasih kain, maka cucilah kain tersebut setiap minggu menggunakan air panas yang telah dikasih sabun.

Dengan memcuci kain menggunakan air panas maka telur – telur pinjal yang berada pada kain tersebut akan mati.

Selain itu jangan lupa juga untuk mencuci sarung bantal, kasur kucing, kasur manusia dan kain lainnya yang berada di dalam rumah anda.

C.Gunakan serbuk alami pada kain

serbuk alami penghilang kutu kucing e1513198585775 - Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di Rumah

Serbuk yang dapat anda gunakan untuk ditaburkan pada kain atau karpet anda yaitu soda kue atau slica gel.

Jika anda sudah menaburkan bubuk tersebut di atas kain atau karpet rumah anda usahakan untuk mengusap bubuk tersebut hinggal menempel di serat karpet.

Lalu biarkanlah bubuk tersebut pada kain atau karpet anda selama semalaman.

Upaya ini dilakukan untuk membuat pinjal yang menempel di dalam serat kain menjadi dehidrasi.

Usahakan agar hewan peliharaan anda tidak melewati kain tersebut pada saat bubuk ini tersebar di atasnya.

Setelah keesokan harinya jangan lupa untuk menyedot bubuk ini pada kain anda ya.

Agar nanti tidak terhirup oleh anda maupun kucing anda.

D.Gunakan Insektisida

insektisida 630x380 - Trik Jitu Cara Menghilangkan Kutu Kucing Persia di Rumah

Sebelum anda menggunakan Insektisida ini pastikanlah terlebih dahulu lebel yang tertera pada produk ini.

Apakah produk tersebut dapat digunakan dalam rumah yang memiliki hewan peliharaan atau tidak.

Karena insektisida ini mengandung Methoprene atau Pyriproxyfen yang dapat mengatuh pertumbuhan serangga.

Selain itu, perlu anda sadari bahwa semprotan insektisida ini tidak akan membunuh semua tahap siklus hidup pinjal.

Karena setelah 2 minggu bersih – bersih anda mungkin akan menemukan pinjal kembali.

Pada saat hal itu terajadi, lakukanlah penyedotan terus – menerus agar jumlah pinjal terus berkurang.

Dan ingat! jangan pernah anda menggunakan produk yang mengandung pyrethroid, permethrin, atau amitraz.

Karena bahan tersebut bisa membuat kucing menjadi mati.

Jika anda masih ragu dalam menggunakan bahan ini, sebaiknya anda tanyakan pada dokter hewan sebelum menggunakannya.

E.Pergunakan insektisida dengan benar

Pada saat anda ingin menggunakan insektisida, pastikanlah terlebih dahulu bahwa anda sudah menyingkirkan semua orang dan hewan peliharaan.

Semprokan secara langsung insektisida ini pada area tempat hewan peliharaan anda tidur.

Anda juga dapat menyemprotkan insektisida ini pada karpet, permadani, furnitur, papan alas, dan kosen jendela.

Dan pastikan untuk mengikuti intruksi yang tertera pada lebel insektisida.

Tips untuk anda dalam menghilangkan kutu kucing persia

  1. Baca label pengobatan kutu secara menyeluruh. Ikuti arahan seperti yang diindikasikan.
  2. Jaga agar kucing anda tetap di dalam rumah.
  3. Bersihkan secara menyeluruh furnitur berpelapis atau karpet bekas sebelum membawanya ke dalam rumah untuk menghindari masuknya kutu.

Hal yang perlu anda waspadai dalam menghilangkan kutu kucing persia

Dalam menghilangkan kutu pada kucing persia ada hal yang perlu anda waspadai, seperti pelajari bahan kimia apa saja yang perlu dihindari dalam menghilangkan kutu kucing persia.

Contonya saja untuk senyawa organofosfat ( OC ), seperti tetrachlorvinphos, yang digunakan dalam obat perawatan kutu.

Senyawa tersebut telah diberi label “dapat bersifat karsinogenik pada manusia” oleh EPA dan harus dihindari.

Semoga dengan Trik jitu! menghilangkan kutu kucing persia ini anda menjadi lebih mengetahui dan tentunya kalian akan menjadi lebih mengerti mengenai cara membasmi kutu kucing persia.

Semoga info ini bisa bermanfaat untuk kalian para pecinta kucing.

Dan jangan lupa untuk share ya, agar para catlover dapat mengerahuinya.

Ingat! jangan sampe jadi orang yang pelit terhadap pengetahuan.

Pencarian Terbaru:

Tags: