Bagaimana Membuat Bulu Kucing Lembut Dan Mengkilap?

Kucing – Memiliki kucing dengan bulu yang lembut dan mengkilap tentu menjadi keinginan semua pemilik dan pecinta kucing. Namun sayang tidak semuanya tahu bagaimana cara membuat bulu kucinglembut dan mengkilap.

Untuk cara membuat bulu kucing lembut dan mengkilap dapat dilakukan dengan tiga cara, menyisir bulu kucing, memandikannya, dan memberikan makanan yang tepat.

Dengan menyisir kucing maka bulu kucing akan berpenampilan lebih baik. Dengan rutin menyisir bulu, kotoran, dan parasit eksternal pun akan tanggal. Selain itu dengan penyisiran akan membuat minyak alami yang diproduk oleh kulit kucing tersebar ke seluruh bulu yang ada. Hal ini akan membuat bulu kucing mengkilap dan rapi.

Kebaikan lain dari menyisir adalah akan mengurangi jumlah bulu yang ditelan oleh kucing pada saat menjilat diri sendiri, akibatnya jumlah bola bulu atau hairball yang ada di dalam tubuh kucing pun berkurang.

Pastikan kita menyisir kucing di saat kucing masih kecil agar terbiasa.

Bagaimana Membuat Bulu Kucing Lembut Dan Mengkilap 200x135 - Bagaimana Membuat Bulu Kucing Lembut Dan Mengkilap?Untuk kucing berbulu panjang tentu membutuhkan disisir atau disikat lebih sering dibandingkan kucing berbulu pendek. Sebaiknya kucing berbulu panjang di sisir beberapa hari sekali, kalau para ahli menyarankan untuk menyisir kucing berbulu panjang 15 menit setiap hari. Sedangkan untuk kucing berbulu pendek cukup seminggu sekali disisirnya.

Peralatan yang dibutuhkan untuk menyisir kucing adalah sisir sikat, sisir besi, dan sisir karet serta akan lebih baik bila ditambah dengan lap atau chamois. Fungsi lap atau chamois adalah untuk mengelap kucing setelah disisir sehingga bulunya menjadi mengkilap.

Selain dengan cara menyisir agar bulu kucing lembut dan mengkilap kita bisa melakukannya dengan memandikannya.

Untuk memandikannya kita perlu mengetahui kapan sebaiknya kucing dimandikan, pada dasarnya kucing bisa mandi sendiri tanpa campur tangan manusia. Namun kita pun sebaiknya tetap ikut memandikan kucing agar lebih bersih dan bulu kucing menjadi lembut dan mengkilap.

Untuk kucing berbulu panjang atau kucing yang aktif sebaiknya dimandikan lebih sering, ini juga berlaku untuk kucing yang menderita artritis dan kesulitan untuk memandikan dirinya sendiri.

Sebelum mandi, menurut para ahli sebaiknya kita meneteskan beberapa tetes minyak mineral ke mata kucing dengan tujuan untuk melindungi mata dari sabun. Dan sebaiknya kita menaruh bola kapas ke dalam telinga kucing agar air tidak masuk ke dalamnya.

Pastikan kucing dimandikan saat tenang, untuk menenangkannya kita bisa mengajaknya bermain. Selain itu dengan bermain kucing akan terkuras energinya dan akhirnya tidak stress saat dimandikan.

Berilah kudapan, ajaklah kucing berbicara dan mengelusnya saat mandi agar kucing tenang dimandikan.

Pastikan kuku kucing dipotong sebelum mandi untuk menjaga diri kita dari cakaran kucing.

Air yang digunakan untuk mandi sebaiknya air hangat dengan kedalaman yang cukup untuk membasahi tubuh kucing tetapi tidak tenggelam.

Cara terakhir untuk membuat bulu kucing lembut dan mengkilap adalah dengan memberikan makanan. Tentu saja makanan yang diberikan harus bergizi dan sesuai dengan kucing yang kita miliki, pastikan kita tidak memberikan kucing kita dengan makanan anjing.

Selain tidak sesuai juga ada nutrisi yang tidak terdapat dalam makanan anjing, padahal nutrisi tersebut penting untuk kucing.

Agar kita tidak salah dalam memberikan makanan maka sebaiknya kita berkonsultasi dengan dokter hewan.

Kita pun sebaiknya membaca dengan teliti komposisi gizi pada makanan kucing agar memastikan terpenuhinya gizi pada kucing kita.

Tags: