Kucing Siam Salah Satu Keluarga Asli Dari Kucing

Kucing siam merupakan salah satu ras asli dari keluarga kucing, saat ini sangat sulit kita mendapatkan kucing yang merupakan keluarga asli atau pure breed terdiri dari siam, sphinx, max, dan Persia. Saat ini kebanyakan kucing yang kita temukan merupakan kucing bukan ras asli atau biasa kita menyebutnya kucing kampung.

Seperti namanya, kucing siam memang paling banyak berada di negara asalnya yaitu Siam atau yang kita kenal dengan negara Thailand. Dan bila kita berkunjung ke Thailand bisa dipastikan kita akan menemukan banyak sekali kucing jenis ini, di Indonesia sangat jarang bahkan bisa dikatakan sedikit sekali keberadaan kucing ini bisa kita temukan.

Kucing siam ini memiliki 4 jenis siamese cat (kategori kucing) yang utama, yaitu:

Siam kepala apel (applehead)

Siam tradisional (old style)

Siam klasik (classic)

Siam modern (modern)

Dan ternyata walaupun jenisnya ada 4, kucing  ini memiliki tiga hal yang tetap ada pada ke empat jenis kucing ini yaitu pola dan bulunya sama serta pada bagian mata, semua berwarna biru.

kucing siam himalaya 200x135 - Kucing Siam Salah Satu Keluarga Asli Dari Kucing

Kucing siam memiliki karakteristik pola dan bulunya berwarna sama, mata kucing yang berwarna biru. Pada umumnya bulu pada area wajah akan berwarna lebih gelap dibandingkan dengan bulu badannya yang berwarna putih, hal ini membuat terjadinya warna yang kontras pada kucing siam. Dan biasanya bulu kucing juga tidak panjang.

Untuk karakteristik kucing lainnya yaitu memiliki pupil yang berwarna biru pucat dan lebar. Pupil yang seperti itu membuat kucing siam terlihat lebih lucu apalagi bila dipadukan dengan wajahnya yang gelap akan lucu sekali.

Keunikan lain dari kucing ini, semakin bertambah usianya maka warna bulunya pun akan semakin tajam.

Berbagai keunikan dan karakteristik kucing siam inilah yang membuat hewan ini banyak dicari oleh pencinta kucing dan bisa dipastikan harga untuk satu kucing ini tidaklah murah.

Kucing siam memiliki kepribadian yang mirip dengan kucing Anggora, yaitu cerdas, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, lincah, aktif, dan suka bermain. Selain itu kucing siam juga mudah sekali untuk beradaptasi sehingga apabila kita memiliki hewan peliharaan lain di rumah maka dengan mudah kucing siam ini bisa berteman dengannya.

Dan uniknya lagi kucing ini sangat tidak suka untuk ditinggal di rumah sendirian, hal ini dikarenakan kepribadianya yang energik dan suka bermain yang akhirnya membuat kucing siam ini lebih suka diperhatikan. Oleh karena itu apabila kamu merasa sendirian di rumah, memelihari kucing ini bukanlah suatu keputusan yang salah.

Dari segi kesehatan, bisa dikatakan kucing ini berumur panjang bahkan bisa mencapai usia 17 sampai dengan 20 tahun apabila dirawat dengan baik, bila dirawat biasanya berumur berkisar 13 tahun.

Untuk penyakit yang banyak di derita oleh seekor kucing ini adalah ginjal, jantung, hernia, ekornya tertekuk, atau permasalahan pada bagian mata seperti juling.

Karena kucing siam begitu unik maka tidak heran bila harga kucing ini pun terbilang tidak murah. Bahkan apabila kucing ini memiliki warna yang menjadi warna asli kucing bisa dipastikan harganya tinggi sekali.

Warna asli kucing siam adalah bulunya berwarna sedikit coklat sedangkan pada pada bagian ujung bulunya berwarna coklat gelap, walaupun saat berumur masih kecil kucing ini tidak terlihat warna coklat gelapnya.

Perkiraan harga kucing ini bermacam-macam, sebagai contoh kucing siamese tradisional sekitar 300ribu sampai dengan 800 ribu. Siam jenis klasik merupakan jenis yang lebih murah sekitar 250 sampai dengan 500 ribu. Sedangkan yang paling mahal adalah yang modern siamese cat sekitar 800ribu hingga 1,25juta.

Tags: