Cara Mengenali Kucing Persia Exotic Shorthair yang Asli Dengan Mudah

Kucing Persia Exotic Shorthair – Untuk jenis kucing yang satu ini merupakan jenis kucing yang dikembangkan menjadi kucing persia dalam versi bulu yang pendek atau biasa disebut shorthair.

Kucing exotic shorthair e1513181849463 - Cara Mengenali Kucing Persia Exotic Shorthair yang Asli Dengan MudahDalam kategori kucing persia exotic shorthair ini mereka memiliki ciri yang hampir sama dengan kucing persia dalam hal sifat dan fisik nya kecuali bulunya yang pendek.

Sebelum kita mengetahui lebih lanjut tentang kucing persia exotic shorthair ini, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih daluhu awal mula terbentuk nya kucing persia exotic shorthair.

Sejarah kucing persia exotic shorthair

Kucing persi exotic shorthair ini pertama kali dikembangkan oleh Breeder American Shorthair yang di lakukan secara rahasia pada akhir tahun 1950 yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas warna bulu ras kucing American Shorthair.

Akan tetapi dalam usaha yang dilakkukan ini terjadi kegagalan karena yang dihasilkan kucing American Shorthair membuat kucing menjadi bertulang sangat besar, berkepala bulat, berhidung pendek (pesek) dan bulunya menjadi lebih panjang dari yang biasanya.

Karena mayoritas breeder American Shorthair ini memang tidak suka dengan hasil persilangan yang dilakukannya dan akan langsung melakukan diskualifikasi untuk semua kucing yang di mempunyai tanda – tanda persilangan ini.

Salah satu breeder yang melakkukan persilangan kucing American shorthair ini bernama Jane Martinke, dia melihat potensial kucing tersebut sebagai ras kucing baru dan segera ia daftarkan jenis kucing ini ke CFA ( Cat Fanciers’ Asociantion ).

Yang pada akhirnya CFA mengakui ras kucing baru ini pada tahun 1967, dan memberi sebutan untuk kucing jenis ini dengan nama Kucing persia exotic shorthair.

Untuk memperbaiki ras jenis kucing ini selanjutnya dilakukan hal persilangan ras jenis kucing ini dengan ras jenis kucing lain seperti kucing Russian Blu dan Burmese.

Namun sejak tahun 1987 Kucing Excotic Shorthait ini hanya boleh di silangkan dengan Kucing Persia.

Di sisi lain FIFe ( Federation Internationale Feline ) telah mengakui ras kucing ini pada tahun 1986.

kucing exotic shorthair - Cara Mengenali Kucing Persia Exotic Shorthair yang Asli Dengan Mudah

Karena seringnya di lakukan kawin silang kucing Exotic Shorthair dengan kucing persia, sehingga beberapa Kucing Persia Exotic Shorthair terkadang membawa gen resesif longhair.

Ketika dua kucing Exotic Shorthair kawin, maka memiliki kemungkinan satu banding empat anak kucing akan memiliki bulu yang panjang.

Akan tetapi kucing Excotic Shorthair tidak dianggap sebagai kucing persia oleh CFA, walaupun beberapa asosiasi kucing seperti TICA ( The International Cat Association ) menganggap bahwa kucing Exotic Longhair sebagai kucing Persia.

Berikut ini ciri yang di miliki Kucing Persia Exotic Shorthair

Karakter fisik Kucing Persia Exotic Shorthair

Untuk kucing persia exotic shorthair ini memiliki fisik yang sangat mirip dengan kucing persia.

Kepala yang di miliki kucing ini berbentuk oval dan padat dengan hidung kecil dan pesek.

Telinga yang di miliki kucing ini kecil dan bulat pada ujungnya.

Jarak antar kuping yang di miliki kucing ini cukup lebar dan terdapat bulu – bulu di bagian dalamnya.

Untuk mata nya sendiri itu berbentuk bulat dan besar, dan biasanya warna mata yang di miliki kucing ini mengikuti warna bulu nya ( Berwarna emas hingga tembaga pada hampir varietas warna bulu; bermata hijau pada chincilla dan emas; bermata biru pada putih dan color point ).

Untuk badan kucing ini berbentuk cobby dan memiliki ukuran yang medium.

Memiliki bahu yang padat, tulang yang besar dan otot yang kuat.

Berat yang di miliki kucing ini antara 3,5 – 6 kilogram.

Ekor kucing persia Exotic Shorthair ini pendek, tebal dan membulat di ujungnya.

Kucing jenis ini memiliki bulu yang pendek jika dibandingkan dengan kucing persia, akan tetapi sedikit lebih panjang dibandingkan dengan ras Shorthair lainnya.

Warna dan pola bulu yang dimiliki kucing ini sama seperti yang dimiliki oleh kucing persia, colourpointed, tortoiseshells, solid, tabbies, shaded, dan tipped.

Kharakter Sifat Kucing Persia Exotic Shorthair

kucing exotic shorthair lucu 200x135 - Cara Mengenali Kucing Persia Exotic Shorthair yang Asli Dengan Mudah

Sifat Kucing Persia Exotic Shorthair ini lembut dan tenang seperti sifat yang dimiliki kucing persia, Itu lah sebabnya kenapa kucing ini mirip dengan kucing persia.

Namun jenis kucing ini lebih aktif jika dibandingkan dengan kucing persia.

Kucing ini senang bermain dan memiliki sifat penasaran, di sisi lain kucing ini juga mudah bersahabat dengan kucing lain dan anjing.

Kucing ini membutuhkan kehadiran pemiliknya ( baik berupa suara maupun baunya, juga bisa dengan hal lain yang berhubungan dengan pemiliknya seperti radio atau tv ), karena itu lah kucing ini akan merasa tidak senang jika ditinggalkan sendirian.

Kucing ini cenderung menunjukan kepada pemiliknya rasa suka dan loyal yang di miliki nya.

Dengan sifat tenang yang dimiliki kucing ini membuat kucing ini bisa hidup dengan pemiliknya di linggkungan apartemen ataupun rumah – rumah perkotaan.

Kucing ini mempunyai sifat sedikit lebih energetik dan ahli dalam memburu tikus dikarenakan memiliki sedikit darah American Shorthair.

Perawatan dan Grooming Kucing Persia Exotic Shorthair

Perawatan yang di butuhkan kucing ini sangat lah mudah jika di bandingkan dengan kucing persia, karena untuk perawatan kucing ini hanya membutuhkah sedikit bantuan manusia agar bulunya tetap menjadi rapih.

Hanya dengan melakukan penyisiran seminggu sekali yang dilakukan pemilik kucing kepada kucing saja itu sudah cukup untuk membuang bulu yang rontok dan untuk mencegah terjadi nya hairball pada kucing.

Oh iya, ada yang perlu anda perhatikan juga pada kucing ini.

Kucing ini juga mengeluarkan air mata yang berlebihan sama seperti kucing persia yang bermuka pendek.

Jika anda tidak rutin untuk melakukan hal seperti mengelap mukanya dengan kain lembut yang dibasahi dengan air hangat, maka hal tersebut dapat menutupi lubang hidungnya yang dikarenakan terjadinya pengerasan kotoran di bagian matanya atau biasa di sebut dengan penyakit mata.

Tentu saja anda sebagai pemilik kucing tidak menginginkan hal itu terjadi bukan?

Jika hal tersebut sudah terlanjur terjadi maka anda tidak perlu khawatir, cukup melakukan hal yang ada di halaman satu ini saja ko Cara mengobati sakit mata pada kucing exotic

Jenis kucing ini sangat lah cocok bagi anda yang ingin mulai memelihara kucing persia, apa lagi bagi anda yang tidak memiliki waktu luang untuk mengurus bulu kucing persia yang panjang.

Harga Kucing Persia Exotic Shorthair

kucing exotic shorthair lucuu e1513182361419 - Cara Mengenali Kucing Persia Exotic Shorthair yang Asli Dengan MudahKucing hias yang ada di indonesia ini berasal dari masuknya kucing import dari eropa dengan beragam bentuk, jenis dan harga yang berbeda – beda pula.

Hampir semua kucing hias yang masuk ke indonesia itu di miliki oleh penggemarnya masing – masing yang di beli di tempat penjualan kucing

Untuk harga kucing jenis ini cukup terjangkau ko kawan, sekitar 4 jutaan keatas.

Bagaimana dengan harga kucing Persia dan Exotic  standart dengan kwalitas breed quality dan show quality ?

Tetap bertahan harganya seperti di tahun 2011, malah untuk kucing import ada kenaikan harga karena nilai dolar yang meningkat :

Tahun 2011
Show quality lahir di Indonesia : rp 10 jt – 25 jt
Import : rp 35 jt ke atas

Breed quality lahir di indonesia : rp 4 -10 jt
Import :  rp 25 -35 jt

Tahun 2015
Show quality lahir di Indonesia : rp 12,5 jt – 35 jt
Import : rp 45 jt ke atasBreed quality lahir di indonesia : rp 5 -10 jt
Import :  rp 35 -45 jt

Dengan budget segitu kita sudah bisa memiliki kucing persia exotic shorthair sendiri loh, yang pastinya kita tidak akan merasa rugi setelah membeli nya, karena kucing ini termasuk jenis kucing yang berkelas.

Demikian lah ringkasan ini di buat dari beberapa sumber yang terpercaya.

Semoga dengan adanya artikel Kucing Persia Exotic Shorthair yang di sediakan kucing.org ini dapat memberikan solusi kepada anda dan bermanfaat untuk anda para pecinta kucing.

Pencarian Terbaru:

Tags: