Kucing Birman, Bahas Harga, Cara Merawat Dan Sejarahnya

Kelucuan kucing Birman menjadi daya tarik masyarakat, dan setiap orang yang melihatnya akan terpesona karena memilik tubuh yang mungil dan bulunya yang halus. Banyak penggemar kucing yang ingin memeliharanya dan selain untuk dipelihara mereka juga membudidayakannya.  

Mari mengenal lebih dalam tentang sejarah dan cara merawat kucing birman

Sejarah Kucing Birman

Kucing ini banyak dikenal berasal dari Pranciss, banyak orang yang mengaitkannya dengan sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat karena kucing ini dikenal sebagai sahabatnya para biksu atau pendeta di Myanmar maka dari itu dikenal sebagai kucing yang suci. Kucing ini teman seorang pendeta yang bernama Mun Ha asal Birma yang sedang bersemedi di kuil Lao Tsun. Dan memeliki fisik berwarna putih dan bernama Sinh. 

Sejarah Kucing BIrma

Konon kucing ini bisa berubah warna menjadi kuning keemasan dan bola matanya berubah yang awalnya kuning menjadi biru dan itu terjadi ketika teman yang seorang pendeta meninggal dunia yang diserang sekelompok perampok. 

Awal sejarahnya kucing ini berkembang datangnya dua orang asal Pranciss ke kuil pada tahun 1919. Lalu pengunjung tersebut membantu seorang pendeta di kuil dan pendeta itu memberikan sepasanng kucing ras Birma, kemudian kucing itu dibawa pulang oleh dua orang pengunjung tersebut lalu dalam perjalanan sang betina melahirkan dan sang jantan meninggal dunia. Pada waktu itu juga perkembangan kucing ras Birma berkembang secara cepat namun, ketika terjadinya perang dunia kedua kucing tersebut hampir punah dan hanya ada seekor betina yang mampu di selamatkan waktu itu.

7 Tanda fisik Kucing Birma

  1. Berbulu halus dan memiliki ukuran tubuh yang sedang
  2. Warna bulunya yang umum adalah seal point dan blue point beberapa juga terdapat varian warna berupa titik pada bagian ekor, wajah, telinga, dan kaki.
  3. Kucing ini tampak berotot
  4. Kaki kucing ini relatif kuat
  5. Kepalanya tampak bulat dan lebar dengan hidung yang melekuk
  6. Matanya juga bulat serta berwarna biru
  7. Leher dan ekornya ditumbuhi oleh bulu yang lebih panjang serta lebat, sehingga tampak lucu dan menggemaskan. 

Banyak orang yang ingin memeliharanya karena memiliki sifat cenderung setia terhadap pemilikinya, dan sangat mudah untuk dilatih karena mempunyai kecerdasan yang cukup bagus.

Soal makan dan minumnya , kucing ini terbilang gampang karena ia bisa makan apa saja seperti kucing biasa lainya. Kucing Birma tetap sehat maka dari itu membutuhkan perawatan secara maksimal dan kamu perlu menyediakan kandang atau ruangan kecil untuk area bermain agar dia lebih nyaman dan merasa lebih bahagia agar terhindar dari stress.

Tips Merawat Kucing Birman

Meski memiliki daya tahan tubuh yang kuat, kucing birma harus tetap anda jaga dan merawatnya dengan baik agar kucing tetap optimal dan juga sehat.

Merawat Kucing Birman

Cara memandikan Kucing

 Jika kamu memandikannya terlalu sering akan membahayakan kesehatan kucing tersebut dan akan rentan terhadap penyakit flu, maka dari itu kamu cukup memandikannya sekali dalam seminggu. Dan jangan lupa kamu menyediakan kebutuhan untuk mandi sikucing  seperti termpat mandi dan sampo maupun sabunnya. 

Sisir dan potong kuku kucing 

Memotong kukunya bertujuan agar kamu lebih aman saat memandikannya dan menyisir bulu akan mempermudah saat kucing disampo.

Lebih bagus menggunakan air hangat untuk memandikannya

Memandikan dengan air hangat akan mempermudah menghilangkan kotoran yang melekat keras pada bulu kucing dan selain itu, memberikan efek hangat terhadap si kucing tesebut. Lalu menggosoknya secara perlahan dan tidak lupa memberikannya sampo hingga merata dan gosok secara perlahan supaya memberikan efek nyaman supaya kucing tidak banyak gerak ataupun memberontak, lalu bilas dengan air menggunakan gayung.

Bersihkan bagian muka

Perhatikan sudut-sudut mata yang terdapat banyak kotoran. Dengan menggunakan kain yang bertekstur halus dan lakukan secara hati-hati agar tidak melukai sang kucing. Jika terkena mata langsung bilas dengan air. 

Harga Kucing Birman

Kucing birman ini dibanderol dengan harga yang relatif tinggi 

JenisHarga
Anak Kucing BirmaRp. 900.000 – 1.300.000
Kucing Birma DewasaRp. 1.500.000 – 4.000.000

Jika kamu tertarik untuk memeliharanya kamu harus memepelajari  dulu untuk perawatannya. Dan ia tergolong kucing yang setia dan penurut terhadap pemiliknya jadi lebih mudah untuk merawatnya. 

Kesimpulan

Memiliki kucing birma tidak kalah mengasikkannya seperti memiliki kucing anggora maupun persia. Dalam segi harga kucing dewasa birma juga terbilang cukup mahal bisa dibilang investasi ketika sudah dewasa anda bisa menjualnya jika di inginkan.

Karena sama seperti hewan peliharaan lainnya, anda juga harus bisa untuk merawat kucing birma dengan baik ya agar dapat tumbuh dengan baik dan tidak sakit.

You May Also Like

About the Author: haris

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *