Mengenal Kucing Bengal: Sejarah, Ciri, Harga dan Cara Merawat

Kucing bengal adalah salah satu jenis dari kucing hutan yang hasil persilangan antara kucing American shorthair dengan kucing asian leopard, dan kucing ini termasuk hewan yang sangat digemari untuk dipelihara karena. Warna dan corak mereka yang indah menempatkan mereka pada kategori kucing yang unik.

Kucing yang satu ini memiliki penampilan yang eksotis, dalam proses pemeliharaannya juga sangat memerlukan perawatan khusus terutama pada bulunya. Jadi kamu masih mau untuk memeliharanya?

Dan ini penjelasan lebih dalam mengenai sejarah kucing bengal:

Sejarah Kucing Bengal

Kucing ras ini bermula dari kota California dan dipelopori oleh dr.Centerwall yang berprofesi sebagai ahli genetika. Dan ia ingin mendapatkan jenis kucing domestik baru lalu ia mengawinkannya kucing Asian Leopard betina dengan kucing hitam lokal dan perkawinan ini menghasilkan anak-anak kucing yang kuat dengan corak bintik-bintik lalu,  anakan kucing ini yang berbintik di kawinkan lagi dengan sang ayah dan menghasilkan anak-anak kucing yang bertutul.

Lalu nama bengal sendiri berasal dari nama ilmiah Asian Leopard Cat dan sering disebut Bengal Tiger

Macam-macam pola dan corak Bengal, yaitu:

Pola Spotted

Kucing bengal spotted

Polanya seperti tutul akan tetapi yang paling terkenal adalah fisiknya terlihat warna coklat, akan tetapi meski mirip, corat warna tutul pada kucing bengal bisa bermacam-macam seperti abu-abu, coklat, hitam dan merah. Dengan corat tutul ini memiliki sebuah kemiripan seperti predator di alam liar.

Pola Marble

Kucing bengal Marble

Pola kucing bengal jenis marble ini banyak dicari oleh para pecinta kucing karena memiliki corak yang lebih besar dan berwarna gelap yang dominan yang menyeluruh sekujur tubuhnya.

3 Ciri Fisik Kucing Bengal

Dibagian kepala Kucing Bengal

Kepala kucing ini berukuran besar dan agak panjang, tetapi terlihat lebih kecil dibandingkan dengan tubuhnya. Memiliki leher yang besar dan berotot sama seperti ukuran kepalanya, hidung yang besar dan lebar, telinga yang runcing keatas, dan  mata yang lebar.

Dibagian Badan kucing Bengal

Kucing jenis ras ini memiliki badan yang atletis dan berukuran cukup panjang jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Dan memiliki ekor yang panjang.

Jenis warna bulu Kucing Bengal

Kucing ini memiliki bulu berwarna coklat atau cinnamon dengan bintik kehitam-hitaman yang menyebar di seluruh tubuhnya dan itu menjadi ciri khas Kucing Bengal ini. Dan terdapat garis horizontal berwarna hitam dibagian pundak, lalu lingkaran berbentuk cincin pada ujung ekor berwarna gelap.

Kucing ini memiliki karakteristrik yang unik dari sekian banyak jenis kucing yang sangat menyukai air dan kucing bengal ini dikenal sangat cerdas dan tergolong hewan yang aktif.

Harga Kucing Bengal Terbaru

Untuk masalah harga kucing bengal memang terbilang mahal di umur 7 bulan sekitar 2.5 jutaan akan tetapi bila memang menyukainya tidak jadi masalah yang penting memiliki budget yang cukup.

Untuk kamu yang tertarik memelihara kucing ini dirumah berikut daftar harganya :


Jenis Kucing Bengal

Umur

Harga
Kucing Bengal Silver Marble Mix Oriental SIam7 BulanRp. 2.500.000
Kucing Bengal Anakan2,5 BulanRp. 5.000.000
Kucing Bengal Import Bersertifikat Jumbo3 BulanRp.10.000.000 –Rp.15.000.000
Kucing Bengal Putih7 BulanRp.15.000.000
Kucing Bengal Asli3-6 BulanRp.10.000.000 –Rp.40.000.000

3 Tips Cara Merawat Kucing Bengal

Berikut beberapa tips dalam merawat kucing bengal :

Membersihkan kucing bengal jangan secara rutin

Karena bengal mempunyai corak serta bintik yang indah, jika terlalu rutin untuk memandikannya maka keindahana coraknya akan memudar jadi  kamu cukup memandikannya 2 minggu sekali . Karena sifat kucing ini suka dengan air. Oleh karena, itu kamu harus membatasinya sebeb jika tidak maka bengal akan terkena flu

Berikan bengal makanan yang bernutrisi

Pilihlah makanan dengan kualitas terbaik, sebab makanan yang kita beri akan mempengaruhi daya tahan tubuhnya. Pemberian nutrisi yang cukup akan membuat tumbuh kembang bagus serta membuat sikucing tidak mudah terserang penyakit.

Ajak beintraksi dan bermain

Bengal adalah kucing yang aktif dan pemeberian mainan sangat membantu umtuk memenuhi aktivitas sikucing dan juga menghindari si bengal mengacak-acak perabotan rumah, karena bengal suka kebebasan. Maka dari itu, kalian harus mengajaknya berjalan-jalan agar bengal mampu mengenal terhadap lingkungannya selain supaya bengal tidak stres.

Kesimpulan

Memelihara kucing memang menarik, apa lagi kucing bengal yang terlihat sangar karena memiliki corak tutul dan terlebih saat ini hewan tersebut menjadi langka.

Bila anda ingin memiliki kucing bengal, sudah dipastikan harus siap modal cukup besar untuk biaya perawatan kucing dan biaya makanannya. Untuk harga kucing juga terbilang mahal akan tetapi karena kucing tersebut unik, sudah sepantasnya memiliki harga tinggi.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *