Yuk, Kenalan Dengan Kucing Persia

Kucing – Kenalan Dengan Kucing persia sebenarnya merupakan ras kucing domestik yang memiliki bulu panjang dengan karakter wajah bulat dan moncong pendek.

Kucing ini disebut persia karena pernah ada kucingsejenis yang di hidup di negara Persia sekarang kita kenal sebagai negara Iran. Namun sejak abad 19,  kucing ini telah dikembangkan di Britania Raya dan Amerika Serikat.

Secara umum ciri dari Kenalan Dengan kucing persia adalah memiliki bentuk tubuh yang gemuk, besar, dan tambun. Ciri khas utama kucing persia ini adalah bentuk hidungnya yang pesek, wajah yang terlihat bulat, dan memiliki bulu yang panjang. Kucing persia ini juga memiliki sifat yang manja.

Kenalan Dengan Kucing Persia dengan 4 jenis perbedaannya

  1. Kucing Persia Hidung Datar

    Kucing persia hidung datar atau persian flatnose cat, jenis kucing persia dengan hidung pesek. Memiliki tubuh yang cukup gemuk dan wajah yang bulat serta pipi yang tembem. Kucing ini memiliki wajah yang unik dan tingkah laku yang lucu.

  2. Kucing persia medium

    Kucing persia medium, merupakan jenis kucing persia yang memiliki ukuran tubuh standar seperti kucing lainnya. Bulu yang dimiliki kucing ini tidak terlalu panjang dan hidungnya tidak terlalu pesek seperti kucing persia lainnya.

  3. Kucing persia hidung pesek

    Kucing persia hidung pesek atau persian peaknose cat, jenis kucing persia dengan hidung yang sangat pesek. Badan kucing ini jauh lebih gemuk dibandingkan jenis lainnya. Kucing jenis inilah yang paling sering mengikuti kontes kucing.

  4. Kucing persia himalaya

    kucing ini sebenarnya merupakan kucing hasil persilangan antara kucing persia dan kucing siam. Persia himalaya merupakan kucing yang memiliki tubuh yang gemuk, kaki yang pendek, dan tubuh serta wajah yang bulat seperti halnya kucing persia. Yang membedakan antara kucing himalaya dengan kucing persia adalah warna yang dimiliki oleh kucing himalaya. Kucing himalaya memiliki warna seperti kucing siam bahkan ada kucing himalaya yang mempunyai tubuh seperti kucing siam. Bentuk tubuhnya langsing dan ramping membuat kucing ini terlihat anggun, bahkan kucing ini mampu melompat hingga ketinggian 2 meter.

Kucing persia merupakan salah satu jenis kucing yang langka dan mahal oleh karena itu sebaiknya dalam perawatannya pun tidak sembarangan.

Pastikan anda membeli dari penjual yang terpercaya sehinga keaslian kucing ini bisa terjamin disamping juga dari segi riwayat kesehatannya. Bagaimana pun juga kucing memiliki penyakit yang bersifat keturunan layaknya manusia.

Kucing persia memiliki usia yang panjang hingga 20 tahun jauh lebih panjang dari pada kucing pada umumnya yang berkisar antara 10 hingga 15 tahun. Agar dapat mencapai usia 20 tahun tentu dibutuhkan perawatan yang baik termasuk kesehatan yang baik pula.

Tempat terbaik untuk kucing persia adalah di dalam ruangan, hal ini karena udara luar sering membuat bulu  persia menjadi lembek dan membuat tidak nyaman bagi kucing ini. Perlu diketahui nenek moyang dari kucing persia dahulunya merupakan hewan padang pasir sehingga udara di dalam ruangan merupakan kondisi yang baik.

Sebaiknya kita menyikat beberapa bagian kucing dengan halus, hal ini dikarenakan bulu kucing persia cukup lebat sehingga perlu sesering mungkin di sisir. Dan apabila ada waktu kita perlu juga menyikat gigi kucing persia agar tidak ada sisa makanan yang menempel.

Pastikan adanya nutrisi selain daging, walaupun pada dasarnya kucing persia sama seperti kucing pada umumnya yaitu menyukai daging dan ikan. Alangkah baiknya bila kucing diberikan makanan yang lain sehingga tercukupi nutrisinya.

Tags: