Pengobatan Distemper Pada Kucing Anggora Yang Tepat

Virus distemper pada kucing Anggora memang cukup mengerikan dan perlu di waspadai, hal ini lantaran kucing yang terkena gejala distemper akan membuat keadaan tubuh kucing semakin buruk. Dan ini merupakan virus pembunuh kucing nomer satu di dunia.

Banyak yang bertanya-tanya apakah kucing Anggora yang terjangkit distemper bisa sembuh atau adakah obat distemper yang bisa menyembuhkan kucing dari virus ini? Jawabannya tidak, sebab sampai sekarang belum ada obat yang efektif untuk membunuh virus distemper pada kucing.

Penyebab distemper pada kucing Anggora

Faktanya hampir semua kucing memiliki kesempatan terjangkit distemper, inilah mengapa admin selalu menekankan agar kucing yang baru saja di adopsi segera diberi vaksin dan vitamin untuk meningkatkan sistem imunitas nya.

Penularan virus distemper umumnya ditularkan antar kucing, dimana kucing yang daya tahan tubuhnya sedang turun kerap bermain.diluar dan bergaul bersama kucing liar lainnya. Namun anda tak perlu khawatir, sebab distemper tidak akan menular terhadap manusia

Pengobatan Distemper Pada Kucing Anggora


penyakit kucing anggora di indonesia 630x380 - Pengobatan Distemper Pada Kucing Anggora Yang Tepat

Lalu apa yang harus dilakukan jika kucing kesayangan kita telah terkena virus distemper yang sulit disembuhkan? Caranya anda bisa ikuti perawatan berikut.

1. Bawa Kucing Anggora ke Dokter Hewan

Hal pertama yang anda harus lakukan adalah dengan membawanya ke Dokter hewan. Bukan untuk dirawat melainkan hanya untuk pemberian infus, vitamin dan suntik antibodi saja.

Mengapa tidak perlu untuk dirawat inap? Sebab belum ada obat distemper yang bisa menyembuhkan kucing secara ampuh. Semua sangat tergantung pada imuniyas tubuh kucinh, sehingga hanya makanan bergizi yang diperlukan untuk meningkatkan daya tubuhnya.

2. Beri Makan Kucing Anggora Satu Jam Sekali

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa makanan kucing Anggora yang terbaik bisa membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh kucing. Maka itu pemberian makan kucing berkualitas harus dilakukan sesering mungkin.

Disisi lain kucing juga butuh tambahan asupan lain seperti madu, air kelapa, larutan cap kaki tiga dan kuning telur. Menurut catlovers Asupan tambahan tersebut dipercaya bisa membuang racun dan memberikan efek peningkatan daya tahan tubuh.

3. Kandang Kucing Anggora Harus Tetap Bersih

Kucing yang terkena distemper cenderung akan mudah terkena penyakit kucing mematikan ini, untuk itu usahakan kandang kucing agar tetap bersih dari kotoran dan kuman yang bisa mendatangkan virus lain.

4. Bersihkan tubuh kucing sesering mungkin

Kucing yang terkena penyakit distemper akan sangat sulit untuk bisa menangani infeksi secara baik. Sebab itu, distemper akan menimbulkan parasit lain di tubuh kucing.

Cara satu satunya agar tidak terjadi adakah dengan rutin membersihkan tubuh kucing, tujuannya agar kucing bisa bebas dari parasit internal yang bisa menyebabkan kondisi tubuhnya memburuk.

5. Beri Perhatian Lebih Agar Kucing Tidak Stres

Virus distemper menyebabkan daya tahan tubuh kucing melemah, dan jika kucing juga mengalami stres dampaknya kondisi fisiknya akan semakin buruk.

Selain itu, Kucing yang stres secara alami akan mengeluarkan steroid dari tubuh untuk menangkal stres tersebut. Sehingga bagi kucing yang daya tahan tubuh nya sangat lemah maka kemampuan tubuh nya untuk melawan infeksi semakin berkurang

Kesimpulan: Sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan kucing yang terjangkit distemper. Oleh karena itu, pemberian makanan bergizi adalah hal yang penting untuk kucing yang terjangkit virus ini.

Untuk anda yang menganggap virus distemper bisa menular pada manusia sebaiknya tak perlu khawatir, karena penyakit distemper hanya bisa menyerang hewan saja.