Ciri Ciri Kucing Sakit Rabies Dan Dampaknya Bagi Manusia

Kucing sakit rabies – Umumnya orang hanya mengetahui jika penyakit hewan rabies hanya bisa menjangkit anjing saja. Padahal fakta nya kucing juga bisa menderita penyakit rabies. Seperti yang kita tahu jika penyakit hewan rabies sangat berbahaya bagi hewan juga bagi manusia. Penyakit yang menyerang sistem saraf ini harus segera diatasi jika kucing Anda ter jangkit. Sebab manusia yang terkena gigitan hewan rabies bisa memularkan penyakit yang berbahaya.

Tak jauh beda dengan anjing, penyakit rabies yang diderita kucing juga sangat mematikan dan wajib untuk segera ditangani oleh pemiliknya. Maka dari itu Anda harus bisa mendeteksi secara cepat apakah kucing Anda ter jangkit rabies atau tidak.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli kesehatan hewan, penyebab rabies diakibatkan oleh virus lyssaviruses. Hewan yang terkena virus ini dapat menularkannya terhadap hewan yang lain. Bahkan jika air liur hewan yang terjangkit virus lyssaviruses masuk kedalam tubuh manusia, akibatnya bisa menimbulkan penyakit yang serius, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Agar hal yang tidak di inginkan terjadi. Tidak ada salahnya Anda selalu memeriksa kondisi kesehatan kucing Anda secara rutin. Dan ketahui juga ciri ciri kucing yang terkena rabies sebagai berikut.

Ciri Ciri Kucing Sakit rabies


gambar kucing anggora berwarna putih 630x380 - Ciri Ciri Kucing Sakit Rabies Dan Dampaknya Bagi Manusia
black and white maine coon cat, lying

1. Kucing selalu gelisah

Kucing yang terkena rabies akan sering gelisah. Timbulnya kegelisahan tersebut tak ada penywbab nya secara khusus. Anda perlu memeriksa kucing Anda ke Dokter hewan jika kucing memperlihatkan prilaku aneh. Tetap waspada, kemungkinan kucing Anda sudah ter jangkit rabies.

2. Kucing sering kehausan

Ciri ciri kucing sakit rabies salah satunya sering kehausan hal ini karena penyakit rabies di golong kan penyakit hidrofobia atau penyakit yang takut air. Namun ada juga yang mengatakan jika hewan yang ter jangkit rabies tidak hidrofobia, hanya manusia yang tertular saja yang akan mengalami kehausan. Tetapi ada beberapa para ahli yang mengatakan hal berbeda. Hal ini dapat dibuktikan ketika Anda memberi minum pada kucing rabies. Kucing tersebut akan merasakan kejang pada otot, sehingga seolah olah kucing merasa takut dengan air.

3. Tubuh sering gemetar

Kucing jadi tidak mudah terangsang, vitalitas menurun, badannya sering gemetar bahkan hingga kelumpuhan. Bisa jadi kucing Amda terjangkit penyakit rabies. Umumnya kucing yang mengalami gejala seperti ini sudah ter jangkit penyakit kucing rabies kategori diam.

4. Reaksi yang tak wajar

Kucing yang terinfeksi rabies akan mengalami perubahan sifat dan karakter, hal ini karena saraf kucing sedang diserang oleh virus. Umumnya kucing akan semakin galak dan menyerang siapa pun yang ada di dekatnya termasuk Anda. Jika ciri ciri kucing Anda sudah seperti ini, sebaiknya hati hati. Jangan sampai Anda terkena gigitan dan cakaran dari kucing rabies.

5. Kucing sering gatal

Ciri ciri kucing rabies akan sering mengalami rasa gatal gatal. Tak hanya itu, kucing juga menjadi kaku, sembelit serta sapsmus. Umumnya gejala seperti ini ditimbulkan oleh jenis rabies tanpa bentuk.

Jika Anda tergigit kucing yang sepertinya ter infeksi rabies, maka segera cuci bersih menggunakan deterjen pada bagian tubuh yang terluka karena gigitan tersebut, cuci memakai air mengalir selama kurun waktu 10 menit. Sesudahnya gunakan alkohol 70% untuk mencuci lagi dan tambah obat merah dan cairan antiseptik. Terakhir segera konsultasi kan diri ke dokter.

Jika tubuh Anda oleh kucing yang mengalami ciri ciri di atas. Segera cuci bagian tubuh yang di gigit dengan detergent. Lalu basuh menggunakan air mengalir selama 10 menit. Selanjutnya gunakan alkohol 70% agar steril, berikan cairan antiseptik atau obat merah pada luka yang terkena gigitan. Terakhir segera hubungi dokter untuk penanganan yang lebih intensif.

Itulah ciri ciri kucing sakit rabies yang perlu Anda waspada. Sekali lagi perlu di ingatkan bahwa kucing yang ter jangkit rabies sangat berbahaya bagi manusia. Karena dapat menular kan penyakit melalui cakaran maupun gigitan.

Tinggalkan komentar