Ciri-Ciri Kucing Hamil Berdasarkan Pendapat Ahli

Ciri Ciri Kucing Hamil Berdasarkan Pendapat Ahli 630x380 - Ciri-Ciri Kucing Hamil Berdasarkan Pendapat Ahli

Kucing merupakan hewan yang sangat lucu dan sangat menggemaskan, membuat orang banyak menyukai hewan jenis ini dan memeliharanya. Namun sayang walaupun orang suka memelihara kucing tetapi mereka umumnya lebih suka memelihara kucing hanya satu ekor saja bila pun lebih paling juga tambah satu ekor lagi sehingga dua ekor yang dimiliki, itupun dengan jenis kelamin yang sama umumnya jantan.

Padahal kucing layaknya makluk hidup tentu memiliki hasrat sex, maka tidak heran bila kucing sudah dewasa akan pergi mencari pasangannya dan bagi kucing betina setalah mendapatkan pasangannya, kucing tersebut akan kembali ke rumah majikannya hingga akhirnya hamil dan melahirkan anak-anak kucing yang lucu.

Untuk kucing yang bukan ras asli tentu tidak masalah bila kucing tersebut mencari pasangannya sendiri, namun sebaiknya untuk kucing yang ras asli seperti anggora sebaiknya dicarikan pasangannya agar garis keturunan ras nya tetap ada dan tentu saja akan memberikan nilai yang lebih tinggi untuk investasi bagi penyuka kolektor kucing.

Bagi pemiliki kucing betina sebaiknya lebih perhatian terhadap kucingnya karena umumnya bila kucing sedang hamil masih bulan-bulan awal belum terlihat kehamilannya. Tetapi perubahan sifat akan tetap ada oleh karena itu sebaiknya kita mengenal ciri-ciri kucing saat hamil.

Ciri-ciri kucing saat hamil menurut pendapat ahli:

Muntah

Bisa menjadi ciri kucing itu hamil pada awal kehamilan mirip seperti manusia, ya. Oleh karena itu sebaiknya bila kucing sering muntah sebaiknya kita berkonsultasi ke dokter hewan yang sudah langganan.

Terhentinya siklus birahi secara tiba-tiba

Biasanya dalam satu periode siklus birahi kucing 1-1.2 bulan sedangkan waktu birahi biasa lamanya 7 hari. Bila dalam siklus ini ternyata tidak minta kawin, hal ini menjadi tanda tanya. Ada kemungkinan kucing kita telah hamil 1 minggu.

Nafsu makan kucing kita tiba-tiba meningkat

Kita sebagai pemilik tentu tahu berapa banyak kucing kita menyantap makanan. Bila tiba-tiba ada kenaikan permintaan makanannya. Kita sebaiknya lebih memperhatikannya atau membawanya ke dokter hewan.

Menjadi manja dan lebih dalam bertingkah laku

Bisa merupakan indikasi kucing kita sedang hamil. Namun ada pula kucing yang menjadi lebih gelisah dan menyendiri.

Menjadi lebih suka tidur apabila kucing menjadi sangat pemalas sebaiknya kita lebih memperhatikan kucing kita. Namun perlu diperhatikan pula apakah suka tidur tersebut disertai dengan penurunan nafsu makan. Bila iya maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter hewan langganan kita.

Bila kucing telah hamil tua, maka kucing akan mencari tempat yang tepat untuk melahirkan anak-anaknya. Di saat tempat tersebut telah ditemukan maka kucing tersebut akan membawa barang-barang yang bisa memberikan kehangatan seperti kain, handuk, atau bahkan selimut kita.

Kucing akan lebih sensitif dan galak bukan saja pada kita majikannya tetapi juga kepada kucing lainnya. Hal ini tentu tidak aneh karena kucing tersebut sedang menjaga calon anak atau anaknya yang telah lahir.

Sedangkan dari segi fisik, perut kucing akan terlihat membesar mengikuti bertambah usia kehamilan.

Puting kucing betina akan menjadi merah dan membesar dan biasanya disertai dengan rontoknya bulunya. Namun semua itu tentu membutuhkan perhatian lebih dari kita agar kita tidak buru-buru mengambil kesimpulan baik kucing itu hamil maupun kucing itu sakit.

Rajin-rajinlah kita berkonsultasi dengan dokter hewan yang telah menjadi langganan kita.

Tags: