Cara Merawat Kucing Bagi Pemula

Kucing – Cara Merawat Kucing Bagi Pemula Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak disukai untuk dipelihara di rumah, selain anjing.

Bila anjing orang memeliharanya adalah untuk menjaga dan membantu pemiliknya maka kucing dipelihara selain untuk koleksi juga untuk teman bermain dan mengurangi stress.

Kucing bisa di anggap binatang yang tepat untuk berinvestasi terutama karena untuk kucing ras asli memiliki harga jual yang tidak murah mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta bahkan ada yang sampai ratusan juta.

Kucing karena tingkah lakunya yang lucu serta bentuk tubuh yang begitu mempesona dengan adanya bulu-bulu halus di tubuhnya menjadikannya teman yang tepat untuk bermain dan mengurangi stress.

Karena kucing dapat menjadi salah satu sarana berinvestasi selain juga teman bermain yang tentu saja banyak berhubungan dengan manusia, maka sudah selayaknya kita Cara Merawat KucingBagi Pemula dengan baik.

Cara Merawat Kucing Bagi Pemula dengan baik secara sederhana kita memperhatikan kesehatannya dan memastikan kebersihannya.

Berikut ini beberapa cara untuk Cara Merawat Kucing Bagi Pemula :

Beberapa Cara Merawat Kucing Bagi Pemula - Cara Merawat Kucing Bagi PemulaBila memiliki anak kucing maka pastikan kita memberikan makanan yang memiliki jumlah gizi yang lebih banyak dua kali lipat dibandingkan dengan kucing dewasa. Tetapi pastikan kita juga jangan memberikan makan terlalu berlebihan. Bila anak kucing berumur kurang lebih 5 sampai 6 minggu maka berikanlah makanan secara rutin sehari 4 kali.

Jangan samakan makanan kucing dengan anjing. Hal ini karena ada perbedaan yang mendasar antara makanan kucing dan anjing, yaitu pada makanan kucing terdapat nutrisi yang disebut taurin. Fungsi taurin adalah untuk mencegah penyakit jantung dan penglihatan kabur pada kucing.

Pada saat usia anak kucing 8 sampai 10 bulan sebaiknya kita sudah membiasakannya untuk menyantap makanan rumah seperti nasi dan susu. Lakukan kebiasaan ini sejak kucing masih kecil.

Sebaiknya tidak memandikan kucing sesering mungkin, bila kucing tidak kotor atau bulunya bau kita bisa memandikannya dua minggu sekali. Gunakanlah air dingin saat memandikannya, air panas hanya akan merusak bulu dan menyebabkan iritasi kulit pada kucing.

Rajin-rajinlah menyikat bulu kucing agar kita bisa menghilangkan bulu mati, kuman dan bakteri yang hidup di dalam bulu. Gunakan sisir khusus untuk menyikat bulu kucing.

Sering-seringlah bermain atau mengajak kucing kita pergi agar kucing melakukan kegiatan fisik. Kegiatan fisik ini akan membantu pertumbuhan dan perkembangan terutama bagi anak kucing. Sedangkan untuk kucing dewasa bisa untuk kesehatan dan kelincahan kucing tersebut.

Dan sebaiknya dari kecil, kucing sudah dilatih ke toilet, tempat makannya, dan tempat tidurnya. Hal ini agar kucing tidak membuat kotor rumah baik karena kotoran kucing maupun bulunya. Kotoran dan bulu kucing disamping tidak baik bagi kesehatan kucing itu sendiri juga tidak baik bagi kesehatan manusia.

Pastikan kita bertindak tegas apabila kucing melakukan kesalahan atau berperilaku buruk, sehingga kucing memahami mana yang baik dan tidak.

Pastikan kita melakukan vaksinasi kucing tepat waktu, hal ini bertujuan agar virus dan penyakit kucing bisa dihindari. Kita pun harus sering berkonsultasi dengan dokter hewan agar perawatan kucing bisa sebaik mungkin.

Untuk memastikan kebersihan tubuhnya maka sebaiknya kita rajin mencuci gigi, telinga, dan kuku kucing. Bagian tubuh kucing tersebut sangat rentan terhadap kuman dan bakteri, apabila dibiarkan kotor maka penyakit dan infeksi akan menyerang kucing kita.

Sangat disarankan kita berkonsultasi dengan dokter hewan dalam merawat kucing terlebih bila kucing tersebut kucing langka atau ras asli.

Tags: