gambar kucing anggora cantik dan lucu

Cara Merawat Kucing Anggora Yang Benar Untuk Pemula

Cara merawat kucing Anggora – Kucing Anggora berbeda dengan kucing kampung, perawatan anggora harus benar-benar harus dirawat dengan baik. Tidak boleh diberikan makanan sembarangan apalagi tempat tinggal nya juga harus bersih.

Karena jika anda salah dalam merawat kucing anggora, maka dampak nya kucing akan mudah terserang penyakit.

Untuk anda yang baru saja membeli kucing anggora dan tidak tahu cara merawat nya dengan benar, berikut ini ada beberapa cara merawat kucing anggora untuk pemula.

Cara Merawat Kucing Anggora Yang Benar


cara merawat kucing anggora

1. Cara Memberi Makan Kucing Anggora

Memberi makan kucing Anggora tak boleh sembarangan, anda harus memperhatikan asupan gizi dari makanan tersebut.

Saat ini sudah banyak produk makanan kucing Anggora dengan berbagai merk, namun tak semua produk baik untuk kucing Anggora.

Contohnya makanan dengan kemasan kaleng yang merupakan makanan basah, sangat tidak cocok untuk di konsumsi kucing anggora. Sebab efek nya akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan bulu dan usia kucing kesayangan anda.

Nah jadi makanan yang cocok untuk kucing Anggora adalah makanan kering seperti merk whiskas, royal canin atau me-o.

2. Perhatikan Minuman Kucing Anggora

Minuman Kucing Anggora juga tidak boleh sembarangan, jadi jangan mentang mentang hanya seekor hewan kucing, anda bisa memberikan air minum kucing yang mentah dari kamar mandi.

Sebaiknya berikan air matang yang sudah dimasak terlebih dahulu, atau anda bisa memberikan air mineral yang bagus.

Kadangkala Anda juga perlu memberikan susu pada kucing Anggora, namun usahakan jangan tiap hari.

Dan yang pasti, jangan pernah memberikan susu manusia untuk kucing, karena susu untuk manusia banyak mengandung lactobacillus yang dapat membuat kucing Anggota jadi mencret.

Berikan susu kucing terbaik seperti merk royal canin.

3. Sediakan kandang kucing Anggora yang nyaman dan bersih

Ketika Anda baru saja mengadopsi kucing anggora, hal pertama yang harus anda pikirkan adalah kandang nya.

Sediakan kandang kucing yang nyaman dan jauh dari tempat yang kotor atau dekat dengan kamar mandi, kucing Anggora mudah terkena penyakit sehingga jika kandang nya tidak bersih akibat nya kucing akan mudah terserang penyakit.

Sedangkan jika dekat dengan kamar mandi dikhawatirkan kucing masuk ke kamar mandi lalu menjilati sabun mandi dan sejenisnya.

Agar Anggora tetap sehat dan nyaman, usahakan untuk membersihkan kandang kucing tiap minggu. Sesekali anda bisa menggunakan desinfektan untuk membersihkan kandang, sediakan juga kotak pasir sebagai tempat buang air kucing anggora.

Untuk ukuran kandang juga tidak boleh asal, kamu harus menyesuaikan ukuran kandang sesuai ukuran dan berat badan kucing.

Terserah anda mau menggunakan kandang kucing dari besi, kayu atau kandang buatan sendiri, yang penting kandang harus tetap bersih.

Jangan lupa anda juga harus menyiapkan beberapa perlengkapan di dalam kucing diantaranya :

  • Tempat makan kucing
  • Tempat minum
  • Kotak pasir yang berguna untuk buang air kucing
  • Ayakan yang memiliki fungsi sebagai pemisah antara pasir dan kotoran kucing.

4. Cuci kandang secara rutin

Kandang anggora secara rutin harus dibersihkan, agar tidak menjadi sarang kuman yang bisa menyebabkan kucing mudah sakit.

Jika kandang kucing jarang dibersihkan akibatnya kotoran yang menumpuk akan menimbulkan bau yang tidak sedap, serta menimbulkan ammonia yang bisa merusak pernapasan kucing.

Cara mencuci kandang kucing anggora dengan cara membersihkan kandang dan perlengkapan nya dengan sabun pembersih, kemudian jemur dibawah terik matahari.

Apabila sudah kering, semprot kandang dan perlengkapan nya dengan cairan desinfektan agar kandang benar-benar steril.

Lakukan pembersihan kandang secara rutin minimal seminggu sekali.

5. Memandikan Kucing Anggora Secara Rutin

Hal yang terpenting saat merawat kucing anggora selain memberi makan adalah memperhatikan kebersihan nya, tujuannya agar bulu kucing terhindar dari parasit yang bisa mengganggu kesehatan nya.

Intinya dalam sebulan kucing dimandikan minimal satu kali, lalu gunakan shampoo khusus kucing agar tubuhnya benar-benar steril dari kuman.

Selain membersihkan bulu kucing anggora, anda juga perlu rutin untuk memotong kuku nya. Karena jika kuku nya panjang dikhawatirkan dapat mencakar pemilik nya saat digendong.

6. Berikan Vaksin Kucing Anggora

Agar daya tahan tubuh kucing anggora meningkat dan tidak mudah sakit, pemberian vaksin adalah hal yang wajib anda lakukan.

Selain itu, vaksin juga bermanfaat agar kucing kesayangan anda aman dari serangan virus penyebab penyakit.

Aturan pemberian vaksin untuk kucing anggora pertama kali ketika kucing baru saja anda beli, atau pada usia 10 minggu.Pemberian vaksin pertama ini bertujuan untuk pencegahan jamur dan virus.

Vaksin yang kedua dapat dilakukan ketika kucing berusia 14 minggu, vaksin ini merupakan booster atau pengulangan dari vaksin yang pertama.

Vaksin yang ketiga adalah vaksin rabies yang bisa anda lakukan saat kucing berumur 16 minggu, vaksin ini bermanfaat untuk mencegah kucing dari penyakit rabies.

Setelah semua vaksin sudah dilakukan, selanjutnya anda bisa memberikan vaksin Kucing secara rutin setahun sekali.

Kesimpulan: cara merawat kucing Anggora sangat berbeda dengan kucing Kampung, yang di mana kebersihan kandang dan asupan makanan harus benar-benar diperhatikan. Jika Anda mengabaikan salah satunya saja, jangan heran jika suatu saat kucing Anggora akan mudah jatuh sakit bahkan mati.

Tinggalkan komentar