kandang kucing terbaik 2017

Cara Membuat Kandang Kucing Buatan Sendiri

Cara membuat kandang kucing buatan sendiri – Kandang kucing merupakan sebuah tempat yang wajib disediakan oleh pemelihara kucing. Sebab kandang sangat dibutuhkan sebagai tempat rumah kucing agar tidak berkeliaran ke mana-mana. Meski pun ada sebagian para pecinta kucing yang enggan memberikan kandang dengan alasan agar kucing dapat bebas bermain di ruangan rumah. Memiliki kandang kucing tetap wajib untuk dimiliki. Karena jika suatu saat Anda keluar rumah, kucing tidak berkeliaran ke sembarang tempat tanpa se pengetahuan Anda.

Tak hanya sebagai tempat persinggahan dan istirahat saja, kelak jika kucing Anda ingin melahirkan. Anda bisa menjadikan kandang sebagai tempat persalinannya. Itulah fungsi kandang kucing yang perlu Anda tahu. Jika Anda berniat membeli kandang kucing, sebaiknya pikirkan dahulu. Sebab harga kandang kucing jarang ada yang di banderol dengan harga murah. minimal Anda harus mengeluarkan biaya 500 ribuan untuk mendapatkannya.

cara membuat kandang kucing buatan sendiri

Tapi jangan khawatir, buat Anda yang memang belum memiliki uang lebih untuk membeli kandang kucing. Mengapa tidak membuat saja kandang kucing sendiri? Harganya jauh lebih murah dan tentunya model nya bisa kita sesuaikan dengan keinginan Kita. Akan tetapi sebelum Anda membuat kandang kucing sendiri. Sebaiknya Anda perlu tahu karakter kucing persia maupun Anggora kesayangan Anda. Agar bisa menyesuaikan ukuran dan material kandang yang akan dibuat.

Cara Membuat Kandang Kucing

1. Membuat kandang kucing dari kayu

kandang kucing yang menggunakan material kayu harganya memang ter jangkau. Kita juga bisa memanfaatkan kayu kayu bekas untuk membuat kandang kucing. namun sebelum menggunakan kayu bekas harap bersihkan terlebih dahulu kayu tersebut agar tidak menjadi sarang penyakit.

Karena memang bahannya memang murah dan mudah didapatkan, Di sisi lain material kayu memiliki kekurangan. contohnya seperti mudah ber jamur, rapuh dan masa penggunaan nya lebih singkat dibandingkan dengan bahan yang lain. Apalagi jika kucing kamu sering buang kotoran dan makan sembarangan dikandang, hal ini akan membuat kelembaban kandang semakin meningkat.

Alhasil sisa makanan dan kotoran yang menempel pada kayu akan menjadi jamur yang bisa menjadi penyebab sarang penyakit. Sehingga kucing akan mudah sakit. Tentunya kamu tidak mau kan kalau kucing kesayangan Anda jatuh sakit?

Namun jika Anda tetap ingin membuat kandang kucing buatan sendiri dengan bahan kayu. Kami sarankan Anda harus rajin membersihkan sisa makanan dan kotoran kucing agar tetap bersih. Berikut cara membuat kandang kucing buatan sendiri dengan menggunakan bahan dari kayu.

Perlengkapan dan alat yang harus disiapkan:

  1. Papan kayu.
  2. Kayu balok.
  3. Gergaji.
  4. Paku.
  5. Kardus.
  6. Engsel pintu.
  7. Palu.
  8. Keramik.
  9. Kawat strimin.
  10. Karpet.
  11. Pasir.
  12. Wadah makan.

Cara membuat:

  • Ukur berat dan panjang kucing Anda agar bisa disesuaikan dengan kandang yang akan Kita buat. Contoh yang dapat Anda jadikan referensi. misalnya bila kucing memiliki berat 4kg maka ukuran kandang yang baik dibuat adalah 95cm panjangnya, 70cm tinggi dan lebarnya.
  • Pastikan di mana Anda akan meletakkan tempat tidur yang di beri alas menggunakan karpet dan kardus, tempat mangkuk sebagai tempat makannya dan letak kardus berisi pasir tempat membuang kotoran kucing.
  • Potong papan dan kayu menggunakan gergaji sesuai ukuran tubuh kucing. Lalu bentuk menjadi kandang.
  • Buat pintu untuk kucing keluar masuk sesuai ukuran tubuhnya.
  • Jika Kandang kucing sudah siap. Letakkan kandang tersebut di tempat yang aman, teduh dan dapat mudah di pantau Anda.

2. Membuat Kandang Kucing dari besi

Kandang kucing yang terbuat dari besi merupakan kandang yang sering banyak digunakan pecinta kucing. Selain lebih kokoh dan kuat, material besi lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan kandang berbahan kayu. Namun bukan berarti kandang yang menggunakan bahan dari besi tidak memiliki kekurangan. Umumnya besi mudah berkarat apalagi jika sering terkena air dan kotoran, maka karatan akan muncul dengan cepat. namun tenang saja, karat pada besi bisa disiasati dengan menggunakan cat anti karat. Untuk cara membuat kandang kucing buatan sendiri dengan menggunakan bahan besi, silahkan ikuti langkah-langkah ini.

Perlengkapan dan alat yang harus disiapkan:

  1. Besi.
  2. Kawat strimi.
  3. Karpet.
  4. Pasir.
  5. Cat.
  6. Gergaji.
  7. Kardus.
  8. Wadah makan.
  9. Cat besi.
  10. Keramik.

Cara membuat:

  • Siapkan 10 buah besi dengan ukuran 10mm.
  • potong ukuran besi menjadi 0,5 meter tingginya dan panjang 1 meter atau bisa Anda sesuaikan dengan tinggi dan berat kucing yang akan menempati kandangnya.
  • Susun semua potongan besi hingga membentuk persegi panjang.
  • Gunakan kawat strimin untuk menyatukan potongan besi.
  • Berikan alas kandang menggunakan keramik agar nanti kotoran kucing mudah dibersihkan.
  • Sesuaikan letak tempat makan, minum, karpet dan kardus berisi pasir.
  • Buat pintu sesuai ukuran tubuh kucing dan jangan lupa berikan engsel.
  • Apabila semua telah selesai, cat kandang kucing menggunakan cat khusus besi yang anti karat.
  • Letakkan kandang di tempat yang aman dan mudah diawasi.

Nah itulah cara membuat kandang kucing buatan sendiri. Jika Anda malas atau tidak bisa membuatnya, baiknya Anda beli saja kandang kucing yang banyak dijual di toko online terpercaya.

Pencarian Terbaru:

Tinggalkan komentar