Cara Memandikan Kucing Galak Yang Takut Air

Cara Memandikan Kucing Galak Yang Takut Air

Memandikan kucing merupakan rutinitas yang wajib Anda jalani jika ingin memelihara kucing. Tujuannya agar kucing tetap sehat dan bebas dari kuman serta kotoran yang menjadi penyebab sarang penyakit. Sebab jika tidak Anda mandikan, maka kucing akan memiliki banyak kutu serta jamur yang penuh bakteri. Namun, cara memandikan kucing peliharaan tentunya berbeda dengan cara memandikan kucing kampung. Ada beberapa tahap yang perlu Anda lalui.

Bagi seorang pemula, cara memandikan kucing galak memang agak sulit. Karena kucing galak akan sedikit meronta-ronta, susah diatur bahkan hingga mencakar. Oleh sebab itu jika ingin kucing menjadi jinak saat dimandikan sebaiknya biasa kan kucing mandi minimal seminggu 2 kali. Jika sudah terbiasa, maka kucing pun akan risih ketika badannya kotor, sehingga ketika dimandikan, kucing akan jadi jinak.

dampak bulu kucing pada manusia 630x380 - Cara Memandikan Kucing Galak Yang Takut Air

Sebelum memandikan kucing, Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan pendukung. hal ini agar kucing bersihnya semakin maksimal.
Siapkan Beberapa Peralatan:

  1. Handuk lembut
  2. Ember yang berisi air hangat
  3. Shampoo khusus kucing
  4. Cottonbuds
  5. Sisir
  6. Blower

Cara Memandikan Kucing Yang Galak

1. Potong Kuku Kucing

Sebelum memandikan kucing yang galak, Ada baiknya periksa dahulu kukunya, hal ini agar ketika kucing berontak dan mencakar tidak akan menimbulkan luka pada kulit kita. jangan terlalu dalam memotong nya, potong saja secara merata lalu kikir agar tidak terlalu tajam.

2. Siram Perlahan Tubuh Kucing Dengan Air hangat

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membasahi seluruh tubuh kucing menggunakan air hangat. Siram kan secara perlahan air hangat ke seluruh tubuhnya tapi ingat jangan sampai masuk ke lubang telinga. Untuk membersihkan daun telinga sebaiknya gunakan lap basah dan gosok kan secara perlahan.

3. Gunakan Shampoo khusus kucing

Jika seluruh tubuh kucing sudah basah. Selanjutnya berikan shampoo khusus kucing ke seluruh tubuhnya dengan cara di pijat secara lembut. saat menggunakan shampoo, Anda harus hati-hati jangan sampai shampoo mengenai mata, mulut dan hidung kucing peliharaan Anda. Shampoo khusus kucing sudah banyak di pasaran, Anda bisa membelinya di Lazada maupun Bukalapak.

4. Bilas hingga Bersih

Selanjutnya bilas bulu kucing dengan air bersih, tujuannya agar kotoran dan busa shampoo hilang dan pastikan semua busa shampoo hilang di tubuh kucing. Saat membias juga harus menggunakan air hangat.

5. Gunakan handuk Untuk Keringkan bulu Kucing

Bulu kucing selanjutnya digunakan dengan handuk yang bersih dan lembut. Gosokkan tubuh kucing dengan handuk secara perlahan hingga bulu kucing benar-benar kering dari sisa shampoo dan air. Dianjurkan agar bulu kucing cepat kering, Anda bisa menggunakan blower atau pengering rambut, selanjutnya jemur kucing agar benar-benar kering.

6. Bersihkan telinga Kucing

Bila semua bulu sudah kering, selanjutnya bersihkan juga lubang telinga kucing dari kotoran. Gunakan cotton bud yang dicampur dengan baby oil untuk membersihkan nya. Telinga kucing bisa menjadi sarang kotoran dan kuman, oleh karena itu layak dibersihkan secara rutin. Karena jika tidak dibersihkan maka akan menimbulkan gatal. Sehingga kucing akan sering garuk garuk yang bisa berakibat timbulnya koreng pada telinga kucing.

Ketahui Waktu yang tepat Untuk Memandikan Kucing

Jangan memandikan kucing setiap hari, karena tidak baik untuk kesehatannya. Ketahui waktu yang tepat ketika ingin memandikan kucing. Umumnya kucing sudah harus dimandikan ketika Ia sudah terlihat sangat kotor dan sering garuk-garuk tubuhnya.

Kalau kita simak secara rinci, sebenarnya cara memandikan kucing tidak rumit seperti yang Anda bayangkan. Yang Anda butuhkan hanya kesabaran, keberanian dan ketelatenan. Jika Kamu sudah bisa memandikan kucing tentunya Anda tidak perlu lagi membuang-buang uang untuk memandikan kucing di pet shop terdekat. Cukup sekian informasi yang bisa kami berikan, semoga bisa membantu Anda yang sedang ingin belajar memandikan Kucing kesayangan.

Pencarian Terbaru:

Tinggalkan komentar