cara melatih kucing buang air kotoran

7 Cara Melatih Kucing Buang Air Di Pasir Agar Tidak Sembarangan

Cara Melatih Kucing Buang Air – Anak kucing yang lucu memang sangat menarik untuk dijadikan hewan peliharaan. Namun meski pun begitu, masih ada beberapa orang yang tidak menyukai kucing, hal ini lantaran kucing kerap kali buang air sembarangan. Apakah kucing peliharaan Anda suka buang air sembarangan? jika Iya maka seharusnya Anda melatih agar tidak buang sembarangan.

Seperti yang Kita tahu kalau kucing dari bau pup nya saja sudah sangat menyengat, bahkan kadang sulit sekali dihilangkan. Kucing juga tidak mengenal tempat saat ingin buang air terkadang ia suka buang air di lemari, kolong tempat tidur hingga sudut ruangan rumah.

Secara alami kucing memang suka buang air di tanah, lalu ia akan menguburnya sendiri. Sedangkan kucing peliharaan umumnya selalu berada dalam rumah dan tentunya tidak ada tanah untuknya buang air besar. Untuk itu Anda sebagai seorang yang mengadopsi kucing lucu tersebut harus bisa melatih nya agar kucing mau buang air di litter box yang sudah disiapkan. Berikut cara melatih kucing buang air yang bisa Anda terapkan.

Cara Melatih Kucing Buang Air


cara melatih kucing buang air kotoran

Siapkan Litter Box berukuran besar

Litter box merupakan sebuah kotak yang berisi pasir, fungsinya sendiri sebagai tempat buang air anak kucing. Namun masalahnya banyak juga kucing yang enggan untuk buang air di litter box. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kucing buang air sembarangan, salah satunya ukuran litter box yang terlalu kecil. Agar anak kucing tidak buang air sembarangan siapkan litter box yang besar agar anak kucing nyaman berada di dalam litter box.

Simpan Litter Box di tempat yang nyaman

Saat buang air kucing juga membutuhkan tempat yang nyaman dan tidak terganggu oleh keberadaan sekitar. Alangkah baiknya taruh litter box ditempat yang sering ditempati kucing contohnya seperti di sudut rumah dan kandang. hal ini bertujuan agar kucing bisa sering melihat kotak pasir, sehingga tanpa harus mencari tempat maka kucing akan buang air di litter box yang tersedia.

Gunakan pasir yang Tepat

Pemilihan pasir juga bisa menjadi penyebab anak kucing tidak mau buang air di litter box. Karena tiap kucing memiliki jenis pasir masing-masing. Pilihlah pasir yang tepat, di mana produk pasir tersebut tidak mengandung unsur debu. Sebab debu akan membuat paru-paru kucing teriritasi, tentunya kucing akan semakin tidak nyaman. Adapun pasir yang tepat yang bisa Kami anjurkan sebagai berikut:
Pilih pasir tanpa wangi-wangian, karena kemungkinan kucing jadi risih sehingga mencari tempat lain yang terdapat bau kotoran kucing nya.
Pilih pasir yang bisa di serok dengan mudah.
Gunakan pasir yang umumnya dipakai untuk kotoran kucing.

Kenali tingkah laku kucing

Jika memang beberapa cara melatih kucing buang air agar tidak sembarangan di atas belum juga menghasilkan, ada baiknya Anda harus mengenali tingkah kucing yang kebelet ketika ingin buang air. Contohnya seperti menggaruk-garuk lantai, me-ngeong, atau lainnya. Segera bawa kucing ke dekat kotak pasir yang sudah disiapkan. Jika ini dilakukan sesering mungkin, maka semakin lama kucing akan terbiasa.

Sediakan Kotak pasir lebih dari satu

Jika Anda memiliki anak kucing lebih dari satu, baiknya siapkan litter box sama dengan jumlah anak kucing yang Anda adopsi.

Berikan kucing kasih Sayang

Memberikan perhatian lebih dengan kasih sayang dari pemiliknya merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk melatih kucing buang air. Jika anda sudah melatih kucing untuk buang air di litter box selanjutnya berikan kasih sayang, agar kucing bisa menjadi lebih penurut.

Bersihkan Litter Box

Tahukah kamu jika kucing juga tidak akan mau buang air ditempat yang kotor. Oleh sebab itu sebaiknya Anda segera membersihkan kotak pasir setelah kucing buang air. Agak rumit memang, tapi ini lebih baik dibandingkan dengan kucing yang sering buang air sembarangan.

Nah itulah beberapa cara melatih kucing buang air besar, tentu semua dibutuhkan kesabaran secara telaten dalam mengurusnya. Saran Kami latihlah anak kucing sejak dini untuk buang air besar pada tempatnya. Sebab jika Kucing sudah dewasa umumnya lebih sulit untuk mengarahkannya.

Pencarian Terbaru:

Tinggalkan komentar